HUT Bhayangkara ke-76, Polda Riau Gelar Bhakti Kesehatan Serentak di Indonesia

Vaksinasi-HUT-Bhayangkara.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAUONLINE.CO.ID)

 

RIAUONLINE, PEKANBARU - Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-76 yang jatuh pada tanggal 1 Juli 2022, Polda Riau menggelar acara Bhakti Kesehatan di Markas Komando Brigade Mobil (Mako Brimob) Polda Riau. Kegiatan ini digelar serentak di Indonesia pada Jumat, 17 Juni 2022.

Pantauan Riau Online, warga Pekanbaru yang antusias datang berbondong-bondong ke Mako Brimob untuk mengikuti acara Bhakti Kesehatan tahun 2022 ini.

Berbagai kegiatan dilakukan Polda Riau mulai dari sunatan massal, operasi bibir sumbing secara gratis. Selain itu, adapula pengobatan massal, operasi katarak dan pelaksanaan vaksinasi dosis 3 dengan prioritas lansia dan anak-anak.

Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Kabiddokkes) Polda Riau, Kombes Aris Budiyanto mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian acara dalam menyambut HUT Bhayangkara ke-76.

"Kegiatan hari ini, khitanan massal kami targetkan 200, sedangkan sudah mendaftar 210. Untuk operasi katarak, target dari Mabes Polri 20 orang, kami sudah mendapatkan 21 orang. Kemudian untuk operasi bibir sumbing kami targetkan sesuai target pusat yaitu 20 juga, kami dapatkan 28. Jadi dioperasi di rumah sakit yang sudah kita lakukan kerjasama," ujar Kombes Aris Budiyanto.

 

 


Dikatakan Aris, beberapa pasien sudah mengikuti operasi di Rumah Sakit Bhayangkara Pekanbaru, RS Ibnu Sina, dan di RS Awal Bros.

Untuk pengobatan massal, pihaknya menargetkan sekitar 500 pasien dengan menghadirkan sejumlah dokter spesialis.

"Untuk pengobatan umum ini kami siapkan pengobatan dengan dokter spesialis. Ada spesialis kulit, kemudian penyakit dalam dan ada juga dari spesialis bedah," tambahnya.

Secara keseluruhan, sebut Aris, target dari Bhakti Kesehatan ini sudah terpenuhi. Di samping itu, pihaknya juga melaksanakan kegiatan sosial dengan masyarakat difabel yang lumpuh dengan memberikan bantuan kursi roda.

"Ini kemudian kami akomodir, ada lima orang kita bantu serta kepada pasien-pasien yang membutuhkan kursi roda," sebutnya.

Ratusan anak beserta orang tua sudah sejak pagi datang untuk mengikuti acara tersebut. Mereka mengaku senang diundang untuk turut serta dalam agenda itu.

 

 

Salah satu anak yang ikut dalam acara sunatan massal mengaku senang dan sedikit gugup.

"Senang sekali om, tapi grogi juga. Senangnya bisa sunatan gratis dan dikasih bingkisan," ujar Indra Hermansyah.

Indra yang didampingi ibunya mendapat antrian nomor 078 dan menunggu giliran untuk dipanggil.

"Kami jauh-jauh datang dari Harapan Raya sejak jam 07.30 pagi. Kami diundang dari sekolah untuk mengikuti acara sunatan massal ini," ujar ibunda Indra, Luzi Pantari.

Sebagian dari mereka tampak sudah ada yang selesai disunat. Sementara, sejumlah orang tua ada yang mengikuti vaksinasi, pengobatan gratis dan operasi mata katarak.