Calon Jemaah Haji dari Pekanbaru Diberangkatkan dalam Empat Gelombang

jemaah-haji.jpg
(yan)


RIAUONLINE, PEKANBARU - Keberangkatan para Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kota Pekanbaru terbagi dalam empat gelombang. Total ada 471 orang jemaah asal Kota Pekanbaru yang bakal berangkat ke tanah suci.

Rencananya ada lima orang jemaah yang berangkat perdana dari Kota Pekanbaru bertolak ke tanah suci pada 19 Juni 2022. Mereka masuk dalam Kloter 5 Provinsi Riau.

Kemudian untuk gelombang kedua, ada sebanyak 444 orang jemaah yang berangkat. Mereka yang masuk dalam kloter 6 bakal berangkat ke tanah suci pada 21 Juni 2022.

Gelombang ketiga sebanyak 10 jemaah masuk dalam kloter 8 yang berangkat pada 24 Juni 2022. Sedangkan gelombang keberangkatan terakhir sebanyak 12 orang. Mereka masuk kloter 12 berangkat pada 27 Juni 2022.

"Jemaah yang berangkat gelombang pertama, gabung bersama jemaah dari Kampar dan Indragiri Hulu," ujar Plt Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pekanbaru, Abdul Wahid.

Menurutnya, jumlah jemaah yang berangkat termasuk jemaah cadangan. Awalnya jumlah jemaah yang hendak berangkat ke tanah suci sebanyak 465 orang.

"Jadi memang ada tambahan sebanyak enam jemaah, yang merupakan jemaah cadangan," paparnya.


 

 

Abdul juga melakukan rapat bersama jajaran Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru terkait pemberangkatan para jemaah. Ia menyebut para jemaah yang hendak masuk embarkasi berangkat dari Kantor Kementerian Agama Pekanbaru, Jalan Rambutan.

Proses pemberangkatan jemaah dari kantor tersebut mendapat pengawasan dari aparat gabungan.

"Kita sepakati, para jemaah nantinya berangkat dari Kantor Kemenag Pekanbaru," ujarnya.

Pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan panitia Embarkasi Haji Batam. Mereka membahas terkait penerimaan jemaah hingga barang jemaah.

Teknis pemberangkatan jemaah dari Kota Pekanbaru juga menjadi pembahasan. Ia menyebut perihal teknis pengangkutan barang jemaah juga dibahas.

Pihaknya pun melakukan persiapan menanti informasi penerimaan jemaah dan barang milik jemaah di embarkasi haji.

"Kita menunggu kepastian perjalanan dan penyambutan di embarkasi haji," sebutnya.