Setelah Vakum 2 Tahun, Masyarakat Antusias Ikut CFD di Kota Pekanbaru

CFD-di-Pekanbaru.jpg
(Laras Olivia/Riau Online.co.id)


RIAUONLINE, PEKANBARU - Masyarakat Kota Pekanbaru akhirnya bisa kembali beraktivitas dalam kegiatan Car Free Day (CFD), Minggu 12 Juni 2022. Kegiatan CFD kembali dibuka setelah sempat terhenti selama dua tahun.

Pantauan Riau Online.co.id, ramai masyarakat berdatangan ke area CFD. Lokasinya yakni di Fly Over pertigaan Jalan Tuanku Tambusai - Jalan Jenderal Sudirman. Area CFD hingga u turn depan Star City.

"Akhirnya bisa kembali olahraga di CFD, sudah dua tahun terhenti, senang sekarang sudah ramai lagi," ujar Elvira saat diwawancarai Riau Online.co.id.

Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Muflihun meninjau langsung penerapan perdana Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB). Dirinya menyambut hangat CFD perdana ini.

Muflihun tampak menyapa masyarakat yang ada di area CFD. Ia juga tidak segan bersalaman maupun berswafoto dengan masyarakat.

Dirinya berharap, masyarakat bisa bersinergi dengan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru. Ia mengajak masyarakat mendukung program Pemko Pekanbaru.


"Adanya CFD ini kita bisa merangkul masyarakat, tentu butuh dukungan masyarakat untuk menjalankan program pemerintah kota," jelasnya saat menyapa masyarakat di area CFD.

Dirinya mengatakan bahwa CFD kembali digelar setelah ada pembahasan bersama Forkopimda. Apalagi, kasus Covid-19 di Pekanbaru cenderung mengalami penurunan.

Kota Pekanbaru saat berstatus PPKM level 1, sehingga diputuskan menggelar CFD kembali hari ini. Sejumlah daerah juga sudah memulai menggelar CFD seiring menurunnya kasus Covid-19.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru, Yuliarso menyebut bahwa penerapan CFD bakal berlangsung secara bertahap.

Namun untuk saat ini aktivitas UMKM di area CFD belum bisa buka. Ada petugas menertibkan pedagang yang tetap berjualan di lokasi.

"Sedangkan aktivitas UMKM di area CFD belum bisa dilakukan. Kita mempertimbangkan kerumunan," jelasnya, Jumat 10 Juni 2022.

Kegiatan CFD perdana sejak pandemi ini seiring menyambut Hari Jadi Pekanbaru yang ke-238. Penerapan HBKB ini biasanya berlangsung di sejumlah ruas jalan yakni Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Cut Nyak Dien dan Jalan Gajah Mada.

Kendaraan tidak boleh melintas selama penyelenggaraan CFD. Jadwal CFD berlangsung pukul 06.00 WIB hingga pukul 9.00 WIB.