Pengambilan Sumpah, Syamsuar: Kita Pelayan Masyarakat, Bukan Minta Dilayani

Syamsuar434.jpg
(Muthi Haura/RIAUONLINE.CO.ID)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Gubernur Riau Syamsuar mengatakan, sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), ada beberapa nilai yang harus ditanamkan para Aparatur Sipil Negara (ASN), termasuk PNS dan PPPK.

Nilai-nilai ini diharapkan dapat menjadi fondasi budaya kerja ASN yang profesional. Nilai pertama, loyal. Sebab, para ASN merupakan pelayan masyarakat.

“Kita ini pelayan masyarakat, jadi bukan minta dilayani. Jangan terbalik. Nilai kedua, akuntabel bisa dipercaya,” katanya, saat memberi arahan pada penyerahan SK CPNS dan PPPK Tahap I, II Formasi 2021 di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, Selasa, 7 Juni 2022.

Lebih lanjut, Syamsuar juga menyampaikan, nilai selanjutnya adalah kompeten yang berarti ahli dalam bidangnya. Kalau pun belum ahli, Syamsuar meminta para ASN untuk selalu belajar mengembangkan diri, salah satunya dengan mengikuti pelatihan-pelatihan.

“Saya waktu pegawai negeri, banyak sekali pelatihan yang saya ikuti dan itu semuanya untuk kompetensi saya,” ujarnya.


 

 

Nilai selanjutnya adalah harmonis. Syamsuar meminta para ASN untuk selalu kompak. Ia tidak ingin para ASN saling menjelekkan. Ciptakan suasana saling kondusif di lingkungan yang menjadi tempat para ASN ditugas.

Lebih lanjut, Syamsuar juga menyampaikan, ASN juga diminta untuk menjaga citra positif dan tidak melakukan hal-hal yang menyimpang.

“Untuk itu, kami meminta agar selalu belajar dan terus belajar. Mau berbenah diri. Mau bertanya. Terus mengasah diri dan mengembangkan diri untuk dapat melaksanakan tugas,” pungkasnya.

Diketahui, Gubernur Riau Syamsuar menyerahkan SK PNS dan PPPK Formasi 2021 tahap I, II dilingkungan Pemerintah Provinsi dengan rincian, 115 PNS, 112 PPPK guru tahap pertama, 79 PPPK guru tahap kedua. Sekaligus juga pembacaan sumpah yang turut juga dihadiri oleh Asisten II dan Kepala Badan Kepegawain Daerah (BKD) Riau.