Parah, Pemuda Curi Uang dari Tiga Kotak Amal Masjid Terekam CCTV

Ilustrasi-Pencuri-kotal-amal.jpg
(Dok. SINDOnews via INews.id)


RIAUONLINE, PEKANBARU - Seorang pria nekat mencuri kotak amal Masjid Amaliyah di Jalan Ismail Yusuf, Kelurahan Tangkerang Tengah, Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru, Selasa, 24 Mei 2022. Aksinya terekam kamera CCTV yang ada di dalam masjid tersebut.

Dari rekaman itu, pria yang menggunakan masker, berbaju kaos serta celana jeans warna hitam masuk ke dalam masjid melalui pintu belakang dengan menutupi kepala menggunakan kain sarung.

Aksi itu diketahui dilakukan pelaku sekitar pukul 14.40 WIB. Tak tanggung-tanggung, pelaku berhasil menggasak sejumlah uang dari tiga kotak amal masjid.

Ketua Masjid Amaliyah, Nazirun mengatakan aksi pria tersebut diketahui usai pengurus masjid melihat rekaman CCTV.

"Dari kamera pengawas, awalnya pelaku ini hanya duduk di luar masjid. Kemudian mengendap-endap masuk sambil melihat situasi di sekitar masjid," ujar Nazirun, Sabtu, 28 Mei 2022.

 


 

Selanjutnya, setelah masuk ke dalam masjid, pelaku tidak langsung melancarkan aksinya. Pelaku mondar-mandir melihat kiri kanan di sekitar kotak amal. Saat kondisi aman, lantas pelaku melakukan aksinya.

"Saat itu kondisi mssjid memang sepi karena baru siap Salat Zuhur. Hal itu menjadi kesempatan bagi pelaku mengambil uang yang ada dalam kotak amal," terangnya.

Nazir juga tidak bisa memastikan berapa jumlah uang yang dicuri tersebut, namun beberapa hari sebelumnya kotak amal telah dikosongkan pengurus.

 

 

Jadi jumlah yang berhasil digondol pelaku merupakan hasil infak selama empat hari sejak diambil atau dikumpulkan pengurus.

Tidak hanya itu, Nazir juga menyebutkan, beberapa tahun sebelumnya mesin genset, tangga dan beberapa peralatan lain juga pernah dicuri. Namun, untuk pembobolan kotak amal, ini kejadian pertama dalam lima tahun terakhir.

"Kami belum melapor ke pihak berwajib hingga saat ini. Identitas yang kami curigai ada, namun kami belum dapat memastikan," tutup Nazir