Mau Jago Bahasa Inggris, Ini Tipsnya

Belajar-Bahasa-Inggris.jpg
(Internet)


Laporan: Dwi Fatimah

RIAUONLINE, PEKANBARU - Di zaman yang semakin berkembang seperti saat ini, perlu untuk kita mempelajari hal baru termasuk bahasa asing. Memiliki kemampuan bahasa asing menjadi salah satu modal tersendiri yang harus dikuasai.

Bagi kamu yang bercita-cita kuliah atau bekerja di luar negeri, mempelajari bahasa asing tentu menjadi suatu keharusan. Namun karena tidak terbiasa mempraktikkan bahasa asing dalam kehidupan sehari-hari, kadang membuat kita kesulitan untuk mempelajarinya.

Memahami bahasa asing merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki setiap orang di dunia. Karena dengan kemampuan berbahasa asing juga dapat membuka kesempatan untuk mengenal dunia lebih luas tanpa batasan. Kamu juga lebih mudah memahami budaya dari negara lain jika kamu mempelajari bahasanya.

Berikut 6 tips mudah belajar bahasa asing yang bisa kamu praktikkan sendiri:

Kenali bahasa asing yang ingin dipelajari

Mulai kenali bahasa asing yang ingin dipelajari. Kamu bisa mencari berbagai referensi bahasa asing dari buku, majalah, podcast, lirik lagu, film, petunjuk di bungkus makanan, selebaran, dan referensi lainnya yang biasa kamu temui dalam bahasa asing.

Kamu harus selalu penasaran dengan makna di balik kalimat bahasa asing yang kamu temui. Misalnya, pada saat pergi ke supermarket, kamu menemukan bahasa asing bertuliskan “buy one get one” atau “ special offer for today." Kamu bisa langsung mencatat kalimat kamu temui di handphone, agar kamu dapat segera mencari terjemahan di balik kalimat bahasa asing tersebut.

Pelajari kosa kata yang mudah lebih dahulu


Mempelajari kosakata baru adalah hal pertama yang paling umum harus dilakukan saat mempelajari bahasa asing. Tidak sedikit pula orang menyerah karena harus menghafal banyak kosakata baru.

Padahal, kunci utama belajar bahasa asing adalah mendekatkan diri dengan kata-kata yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. cari tahu kosakata atau frasa apa saja yang paling umum digunakan untuk percakapan sehari-hari.

 

 

Mengenal tata bahasa

Kalian harus tahu tata bahasa paling dasar dari bahasa yang akan dipelajari. Hal ini penting karena tidak semua bahasa memiliki struktur kalimat yang sama dengan bahasa Indonesia. Dengan menguasai tata bahasa maka akan bisa lebih mudah mengartikan dan membuat sebuah kalimat padu.

Coba gunakan bahasa asing dalam kehidupan sehari-hari

Belajar teori dan hafalan kosa kata tidaklah cukup. Kalian juga harus mencoba mempraktikkan bahasa yang telah atau sedang dipelajari. Ada empat hal yang perlu dilatih, yakni membaca, menulis, mendengar dan mengobrol atau berbicara

Lakukan variasi dalam belajar bahasa asing

Memiliki beragam kegiatan belajar sangat penting untuk menghindari kebosanan. Meski pengulangan adalah inti dari proses pembelajaran hal baru metode yang terlalu mekanis dapat membosankan bagi kamu.

Percaya diri

Meskipun teman kamu sering mengejek kemampuanmu, terus lanjutkan usahamu untuk belajar bahasa asing. Kesalahan merupakan hal yang wajar dalam mempelajari sesuatu hal yang baru dalam hidup kamu, namun kamu hanya perlu terus berlatih dengan konsisten agar kamu semakin ahli berbahasa asing.