Selasa Depan, Pansus Konflik Lahan Akan Buka Data 19 Perusahaan

Konflik-Lahan.jpg
(Liputan6.com/Rino Abonita)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ketua Panitia Khusus (Pansus) Konflik Lahan Masyarakat dengan Perusahaan DPRD Riau, Marwan Yohanis, mengatakan akan mengadakan rapat pada Selasa, 17 Mei 2022 mendatang terkait 19 laporan yang masuk ke pihaknya.

"Sudah ada yang mendekati tahap penyelesaian sebelum rekomendasi dirumuskan," kata Marwan, Kamis, 12 Mei 2022.

Dengan begitu, kata dia, tidak semua perusahaan yang dilaporkan tersebut perlu dikenakan sanksi berupa rekomendasi jika kasusnya berhasil diselesaikan.

"Bentuk yang sudah mendekati penyelesaian misalnya, sudah dilakukan blocking area. Jadi tinggal kita follow-up saja," terangnya.


Tak berhenti di situ, Politikus Gerindra itu mencontohkan hasil temuannya saat rapat di Kantor Bupati Indragiri Hulu (Inhu) pada pertengahan Maret lalu. Lanjutnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhu bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sudah melakukan blocking area lahan yang diklaim perusahaan.

"Jadi Selasa depan akan kita rapatkan dan disebutkan itu perusahan-perusahaan mana saja, biar jelas," tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, Pansus Konflik Lahan DPRD Riau telah menyerahkan data-data hasil temuannya ke Kantor Staf Presiden (KSP).

"Data-data tersebut juga sudah kami serahkan ke Kantor Staf Presiden (KSP). Dan kami juga sudah konsultasi ke semua kementerian terkait. Tinggal membuat rumusan rekomendasi. Bulan Mei ini harus tuntas," katanya.