Resep Anyang Pangkek Khas Rokan Hulu

Anyang-Pangkek.jpg
(Facebook/Anak Melayu Rokan Hulu)


Laporan: Dwi Fatimah

RIAUONLINE, PEKANBARU - Jika biasanya rotan dijadikan bahan baku untuk kerajinan tangan, berbeda dengan masyarakat Rokan Hulu, Riau, Rotan diolah menjadi makanan lezat yang menggugah selera.

Adalah Anyang Pangkek, makanan khas Rokan Hulu terbuat dari pangkek atau rotan. Menu ini menggunakan dua bahan baku utama, yaitu pangkek dan daun pakis.

Sekilas makanan ini seperti urap. Jika urap menggunakan kepala parut, maka Anyang Pangkek menggunakan santan sebagai bahan pelengkap.

Tidak seperti urap, Anyang Pangkek tidak menggunakan kencur sama sekali dalam pembuatannya. Rahasia agar anyang pangkek bertekstur lembut dan rasa pahitnya hilang setelah melalui proses perebusan dengan air kelapa dan diberi garam serta gula secukupnya.

 

 

Selain dicampur dengan daun pakis, anyang pangkek juga menggunakan cabe merah, lengkuas, bawang merah, jeruk nipis serta santan dan serai.

Cara membuat anyang pangkek pun cukup sederhana. Berikut bahan dan cara membuat anyang pangkek untuk kamu coba di rumah:


Bahan - bahan:

Gunakan 1/4 kg Pangkek atau rotan muda yang sudah dikupas


Siapkan 2 sachet santan instan

Ambil 1 buah jeruk nipis

Ambil 1 gelas air

Siapkan 15 biji cabe rawit

Gunakan 3 siung bawang merah

Ambil 2 siung bawang putih

Sediakan Secukupnya garam

Ambil 1 sachet terasi abc

Gunakan 1 ikat pakis muda

Siapkan 1 sdt ketumbar

Gunakan 1 genggam kelapa parut

Ambil 2 sdm beras


Cara membuat:

Cuci bersih rotan muda. Kemudian rebus dan beri garam. Tutup panci agar rotan muda tidak menghitam.

Ambil pakis bagian batang dan daun yang muda. Kemudian cuci bersih.

Jika air rebusan rotan sudah mendidih, masukkan pakis. Tutup kembali panci rebusan. Rebus sampai pakis lembut. Lalu angkat keduanya dan tiriskan.

Gonseng beras dan sangrai kelapa parut sampai kecokelatan. Lalu giling sampai mengeluarkan minyak. Kemudian giling cabe rawit, ketumbar, bawang putih dan terasi. Masukkan juga kelapa sangrai dan beras gonseng yang sudah digiling sebelumnya.

Iris tipis bawang merah, lalu campurkan ke dalam bumbu halus. Kemudian, tambahkan santan. Beri air, garam, dan perasan jeruk nipis. Aduk rata semua nya.

Siram kuah anyang ke rebusan pakis dan rotan muda. Aduk rata. Anyang pakis dan rotan muda siap dinikmati.

Makanan ini biasa disajikan pada saat Ramadan. Tapi sekarang, kamu sudah bisa membuatnya sendiri di rumah. Selamat mencoba.