5 Destinasi Wisata Paling Favorit di Kuansing yang Sayang Dilewatkan

Pemandian-Air-Panas-Sungai-Pinang.jpg
(Robi Susanto/Riau online)

Laporan Dwi Fatimah

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Kuantan Singingi adalah salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Riau. Kuansing juga memiliki beragam tempat wisata yang tak kalah menarik dan harus dikunjungi. Kuansing memiliki potensi wisata alam yang elok dan wajib dikunjungi.

Selain itu Kuansing juga memiliki wisata cagar budaya seperti fesival Pacu Jalur yang diadakan setiap tahunnya.

Melalui tempat wisata yang ada di Kuansing, kita bisa mengetahui keelokan alam sesungguhnya sekaligus mengenal potensi pariwisata di Kuansing.

Jika memiliki kesempatan untuk mengunjungi Kuantan Singingi, berikut destinasi wisata di Kaunsing yang sayang jika dilewatkan:

  1. Air Terjun Patisoni

Kuantan Singingi memiliki cukup banyak potensi pariwisata air terjun. Salah satunya adalah Air Terjun Patisoni. Air Patisoni terletak di tengah kawasan hutan karet dan sawit. Tepatnya di Desa Seberang Cengar, berjakar sekitar 22 km dari pusat Kota Teluk Kuantan.

 


Air Terjun Patisoni memiliki ketingan sekitar 50 meter yang terdiri atas 3 tingkat dan masing masing tingkatnya berjarak sekita 10 meter. Di bawahnya terdapat waduk yang cukup luas sekitar 8-10 meter persegi. Debit air yang cukup besar dan segar, cukup menantangmu untuk berenang di bawahnya. Tapi kamu harus tetap waspada, sebab waduk yang berada di bawah curahan air tejun ini sangatlah dalam.

  1. Air Panas Sungai Pinang

Apabila kamu ingin berkunjung ke Air Panas Sungai Pinang melalui Kota Teluk Kuantan, maka perjalanan yang ditempuh sekitar 33 km. Dengan menggunakan dana swadaya dan gotong royong warga. Kini objek wisata Air Panas Sungai Pinang memiliki akses jalan yang lebih mudah dijangkau dengan kendaraan. 

Selain perbaikan akses jalan, pemerintah setempat juga merevitalasi wilayah seluas 4 hektar untuk dibangun kolam-kolam air panas baru dengan fasilitas yang lebih lengkap seperti kamar ganti, taman, kafetaria dan parkir. 

  1. Air Terjun Anak Sungai Kandi

Destinasi wisata berikutnya di Kuantan Singingi adalah Air Terjun Anak Sungai Kandi. Air terjun ini disebut juga dengan Air Terjun Kelelawar karena terletak di Desa Sungai Kelelawar, Kecamatan Kuantan Mudik.

Air Terjun Anak Sungai Kandi memiliki dua tingkat dengan ketinggian 20 meter untuk tingkat pertama dan 3 meter untuk tingkat kedua. Panorama indah dan lingkungan yang masih alami, bisa kamu nikmati di air terjun ini.

  1. Suaka Margasatwa Bukit Rimbang Baling

Berlokasi di kawasan Bukit Rimbang dan Bukit Baling, Suaka Margasatwa Bukit Rimbang Baling ini menyuguhkan wisata alam yang masih terdapat hewan khas Sumatera di dalamnya yang semuanya hidup di hutan seluas 136 hektar tersebut.

 

Pengunjung juga diajak untuk menikmati fasilitas hiburan lainnya seperti Tracking, Rafting, Bird Watching atau pengamatan burung hingga pengamatan harimau.

  1. Desa Wisata Koto Senjato

Objek wisata selanjutnya, ialah Desa Wisata Koto Senjato. Desa cagar budaya ini berjarak sekitar 4 km dari pusat kota Taluk Kuantan. Banyak objek wisata yang menarik untuk dilihat. Beberapa diantaranya ialah rumah Adat Godang yang berusia ratusan tahun dan dengan kondisi terawat.

Di dalam rumah adat itu, kita bisa melihat puluhan peralatan alat musik tradisional seperti gendang dan talempong. Selain itu kita juga bisa mencicipi kuliner khas Kuantan Singingi serta adat istiadat penduduk setempat yang masih dilestarikan hingga sekarang.