Lepas Rindu di Hari Lebaran, Rutan Pekanbaru Sediakan Layanan Video Call

napi-video-call-saat-lebaran.jpg
(Lapas Narkotika Jakarta)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Pekanbaru, menyediakan layanan Video Call gratis bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang rindu pada keluarga. 

 

Layanan Video Call ini diberikan secara cuma-cuma bagi WBP yang ingin bertemu keluarga dan bermaaf-maafan di Hari Lebaran Idul Fitri 1443 H. 

 

"Rutan Pekanbaru menyediakan layanan video call untuk mengobati rasa rindu mereka. Petugas akan siap membantu menghubungkan WBP dengan keluarganya meskipun secara online," ujar Kasi Pelayanan Tahanan, de, Senin, 2 Mei 2022.

 

Selain itu, selama pandemi Rutan Pekanbaru memang tidak menyediakan layanan Kunjungan Fisik bagi Warga Binaan. 

 

Sebagai gantinya, masyarakat dapat melepas rindunya dengan kerabat yang ada di dalam Rutan Pekanbaru dengan cara menitipkan barang atau makanan untuk mereka secara drive thru.

 

Kepala Rutan kelas I Pekanbaru, M. Lukman menjelaskan bahwa Rutan Pekanbaru tetap memberikan layanan kepada Masyarakat meskipun di hari libur.

 

Layanan Penitipan Barang secara Drive-Thru ini bertujuan agar masyarakat dapat mengakses layanan dengan mudah.

 


"Masyarakat tidak perlu turun dari kendaraan dan tidak perlu mengantri lama," terangnya. 

 

Pada Idul Fitri ini, Rutan Pekanbaru juga membuka Layanan Kegiatan drive thru berlangsung dengan lancar dan tertib dibantu pengamanan oleh aparat TNI dan Kepolisian.

 

Perlu diketahui, sebanyak 990 orang WBP di Rutan Pekanbaru mendapatkan Remisi Khusus 7 orang diantaranya langsung bebas.

 

 

 

Pada kesempatan ini Karutan Pekanbaru mengatakan Pemberian remisi ini adalah bentuk apresiasi dari negara bagi mereka yang telah memenuhi syarat administatif dan subtantif yaitu bersikap dan berperilaku baik selama menjalani masa pidana di Rutan.

 

Kegiatan ditutup dengan halal bi halal antar sesama petugas dan warga binaan.

Pada perayaan lebaran ini Rutan Pekanbaru juga tetap memberikan layanan kepada masyarakat.