Tips Mudah Mengenal Mie Berformalin dan Mengandung Boraks

BPOM3.jpg
(RAHMADI DWI/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Pekanbaru, Yosef Dwi Irwan memberikan tips mengenal mie yang mengandung formalin dan boraks.

Yosef menyebut untuk membedakan mie mengandung formalin terlihat dari bau mie yang khas dan menyengat. 

“Tipsnya mie formalin baunya khas lebih menyengat dan lebih tahan lama sekitar dua hari serta mudah putus,” sebutnya.

Infomasi itu diberikan Yosef saat memaparkan aksi penggerebekan yang dilakukan BPOM Pekanbaru terhadap pabrik pengolahan mie mengandung formalin dan boraks di Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru.

 

Yosef Dwi Irawan mengatakan, pengungkapan berawal dari pengujian yang dilakukan petugas dari BPOM Pekanbaru terhadap temuan mie basah di pasaran.

“Kejadian ini berawal dari pengujian dari rekan BPOM Pekanbaru di pasar tradisional terkait indikasi adanya mie yang mengandung formalin,” ujarnya, Kamis, 27 April 2022.

 

Ia menambahkan, dari hasil invetigasi petugas mengamankan pemilik pabrik pengolahan mie basah berinisial AR.

 

“Penyidik BPOM bersama Polda Riau dan Dinas Kesehatan dilakukan penindakan di rumah produksi kita amankan mie basah mengandung formalin 90 kilogram, formalin 4 liter, boraks 2,5 kilogram dan alat pengolahan mie,” tuturnya.


 

Dari hasil penindakan ini BPOM Pekanbaru mengamankan sejunlah aset dari pabrik mie basah bernilai Rp 62 juta.

 

“Dalam satu hari pabrik ini memproduksi 300 kilogrami mie basah setiap hari nya seharga Rp 8 ribu per kilogramnya,” jelasnya.

 

 

 

Pelaku dijerat Undang-undang Nomor 18 tentang Pangan tahun 2021, Pasal 136 jo Pasal 75 dengan ancaman pidana lima tahun penjara dan denda Rp 10 miliar.