Launching Program Ketahanan Pangan, Siak Sediakan 23 Ha Lahan Siap Tanam

Husni-Merza24.jpg
(Hendra Dedafta/Riau online)

RIAU ONLINE, SIAK- Launching program ketahanan pangan 1000 hektare, Kabupaten Siak menyediakan 23 hektare lahan yang sudah siap untuk ditanami. Makodim 0322 Siak, Senin 18 April 2022. 

 

Wakil Bupati Siak Husni Merza, didampingi Komando Distrik Militer (Kodim) 0322 Siak Letkol Inf Muhammad Faisal Effendi mengikuti lounching Ketahanan Pangan, melalui Video Conference (Vidcon) bersama Danrem 031/Wira Bima Brigjen TNI Parlindungan Hutagalung yang juga diikuti Dandim Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau.

 

Dandim 0322/Siak Letkol Inf Faisal Effendi, menjelaskan acara ini dilaksanakan dalam rangka persiapan peluncuran program ketahanan pangan di Kabupaten Siak.

 

Di Kabupaten Siak terdapat empat wilayah yang akan kita launching program ketahanan pangan, masing-masing wilayah tersebut akan berbeda jenis tanaman yang di taman. Untuk di Siak kita pusatkan di Makodim Siak dengan luas 6 hektar, kemudian di Kerinci kanan luas lahan 4,5 Ha, Buatan ll dengan luas 1,5 Ha dan KM 11 Koto Gasib luas tanah yang di sediakan10,5 Ha, ungkapnya.

 

"Untuk di Makodim kita tanam nenas dengan kelompok tani usaha Mandiri di Kerinci Kanan tanaman jagung, Kelompok Tani Sumber Arta di Buatan ll kita tanam Singkong. Sementara Kelompok Tani Maju Bersama dan di kilo meter 11 Koto Gasib akan kita tanam singkong kerjasama Kelompok tani Mekar Sari dengan total luasan lahan pangan seluas 23 hektar", jelasnya.

 


Wakil Bupati Siak Husni Merza, mengatakan 

Pemkab Siak mendukung penuh program Ketahanan Pangan 1000 Hektar tersebut dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan di kabupaten Siak. 

 

Dengan pendampingan yang dilakukan langsung dari dinas ketahanan pangan diharapkan program ini dapat membantu mensejahterakan kelompok tani.

 

"Kita sangat mendukung kegiatan ini, akan kita turunkan langsung tim dari dinas ketahanan pangan dengan jenis tanam nenas Mahkota Siak yang sudah di register di kementerian", jelas Wabup Siak Husni Merza.

 

Husni juga berharap program ketahan pangan 1000 Haktar ini, dapat berjalan dengan baik. Sehingga dapat menambah penghasilan bagi  warga masyarakat dan kelompok tani. 

 

 

"Program TNI ini sangat bagus, selain memanfaatkan lahan tidur menjadi produktif, dengan hadirnya program ini akan menambah  pendapatan bagi kelompok tani,"tutupnya. 

 

Usai acara Wabup Husni  di dampingi Dandim melakukan tanam perdana bibit nenas di lahan gambut yang berlokasi di belakang Makodim Siak.