Antisipasi Longsor saat Mudik Lebaran, Dinas PUPR Riau Siagakan Alat Berat

Ekskavator4.jpg
(Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan (PUPR-PKPP) Provinsi Riau Ali Subagio mengatakan, Dinas PUPR-PKPP mensiagakan alat berat.

 

Siaga alat berat ini guna mengantisipasi bencana longsor saat mudik lebaran tahun 2022 ini.

 

 

"Jadi, alat berat ini kita siagakan saat lebaran. Selain peralatan petugas di UPT, juga untuk siaga. Hal ini untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu terjadi bencana yang tak kita inginkan seperti longsor. Peralatan langsung kita turunkan ke lokasi," katanya.

 

Ali menjelaskan, untuk menghadapi mudik lebaran, Dinas PUPR-PKPP Riau  menyiapkan posko pengendalian peralatan di masing-masing UPT Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Wilayah 1 sampai 6.

 


Masing-masing posko disiapkan satu set alat berat. Satu set alat berat ini terdiri dari motor grader, vibro roller, excavator, dan lain sebagainya.

 

Lebih lanjut, Ali juga mengatakan, untuk menjamin kelancaran arus mudik lebaran, pihaknya juga tengah fokus melakukan pemeliharaan dan peningkatan jalan provinsi.

 

 

"Kalau jalan provinsi yang rusak akan kita perbaiki. Terutama jalan-jalan provinsi yang menghubungkan kabupaten dan kota. Sedangkan jalan yang menghubungkan antar provinsi itu kewenangan pelaksana jalan nasional," pungkasnya.