Pipa PDAM Rusak Pasca Galian IPAL, Ribuan Pelanggan Tidak Dapat Pasokan Air

padam-pecah.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Pipa PDAM Tirta Siak Pekanbaru mengalami kerusakan pasca galian Instalasi Perpipaan Air Limbah (IPAL) di ruas Jalan Cempaka.

Proses galian IPAL di kawasan tersebut sudah tuntas. Namun, pecahnya pipa asbes mengakibatkan air terus mengalir hingga menggenangi ruas jalan.

GM Teknik PDAM Tirta Siak Pekanbaru, Endrianto mengatakan, kerusakan pipa di Jalan Cempaka berdampak kepada ribuan pelanggan PDAM.

"Dari 13.000 pelanggan yang terdata, setengahnya tidak mendapat pasokan air akibat adanya kerusakan," ujarnya, Rabu 6 April 2022.

Ia mengatakan, kondisi tersebut disebabkan pasokan air tidak sampai ke sebagian sambungan rumah karena pasokan air terbuang di jalan.


Namun pihaknya tidak mematikan aliran air agar pelanggan tetap mendapat pasokan air.
Mereka juga memasok air setiap hari bagi pelanggan terkena dampak dengan mobil tangki PDAM.

"Kalau kita matikan, seluruh pelanggan tidak mendapat air sama sekali. Kalau sekarang sebagian ada yang sudah mendapat pasokan air," terangnya.

Menurutnya, proses pemulihan tergantung kesiapan dari alat sambung pipa tersebut. Ia menyebut bahwa perbaikan berlangsung sekitar dua hingga tiga hari ke depan.

"Untuk memperbaikinya ada alat sambungnya tidak jual di pasaran. Saat ini sedang proses pemesanan. Mudah-mudahan alatnya sudah tersedia dalam satu dua hari ini," paparnya.