Truk Beroda Banyak Bebas Melintas, Jalanan Pekanbaru Jadi Macet, Petugas Kemana?

truk-angkutan-barang2.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Sejumlah truk angkutan barang di Kota Pekanbaru masih saja melintas di luar jalur semestinya. Kebanyakan di antaranya merupakan truk serat muatan atau over dimension over load (ODOL).

 

Truk tersebut nekat melintas di sejumlah ruas jalan yang mestinya dilarang pada siang hari. Mereka juga melintas pada malam hari hingga menimbulkan kemacetan panjang.

 

Mereka melintas di ruas jalan kota seperti Jalan HR Soebrantas, Jalan Soekarno-Hatta, Jalan Arifin Achmad. Ada juga truk angkutan barang nekat masuk ke Jalan Jenderal Sudirman. 

 

 

Kondisi tersebut jelas membahayakan pengguna jalan yang melintas di kawasan itu. Apalagi arus lalu lintas di ruas jalan tersebut cukup padat pada siang hari. 

 

Sejumlah ruas jalur angkutan barang sudah tertuang dalam Keputusan Wali Kota Pekanbaru No. 649 TAHUN 2019 tentang Jalur Angkutan Barang Kota Pekanbaru. 

 

Regulasi itu memuat Jalur Angkutan Barang di Kota Pekanbaru Jalur Angkutan Barang siang hari. Truk angkutan barang tidak boleh melintas di luar jalur itu sepanjang pukul 06.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB. 

 

Jalur Utara meliputi Jalan Siak II – Tugu Gemar Menabung – Jalan Air Hitam - Jalan Garuda Sakti - Simpang Garuda Sakti. Lalu Jalan Siak II – Tugu Gemar Menabung - Jalan SM. Amin – Jalan HR Soebrantas – Simp. Garuda Sakti. 

 


Ada juga jalur barat meliputi Jalan Pekanbaru Bangkinang - Simpang Garuda Sakti – Jalan Garuda Sakti –Jalan Air Hitam – Tugu Gemar Menabung – Jalan Siak II – Simpang Palas - Jalan Siak II. Lalu Jalan Pekanbaru Bangkinang - Simpang Garuda Sakti - Jalan Kubang Raya – Jalan KH. Nasution – Jalan Pasir Putih - Jalan Pesantren Teknologi – Lintas Timur.

 

Kemudian jalur timur yakni Jalan Lintas Timur - Jalan Pesantren Teknologi – Jalan Pasir Putih – Jalan KH. Nasution (arah teratak buluh). Lalu Jalan Lintas Timur - Jalan Kinibalu – Jalan Soetomo – Jalan Tanjung. Datuk (arah Pelabuhan Sei Duku). 

 

Jalur timur lainnya yakni Jalan Pasir Putih – Jalan KH. Nasution -  Jalan Kubang Raya – Simpan Garuda Sakti. Sedangkan jalur selatan meliputi Jalan KH. Nasution – Jalan Pasir Putih – Jalan Pesantren Teknologi- Lintas Timur dan Jalan KH. Nasution – Jalan Kubang Raya – Simpang Garuda Sakti. 

 

Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Yuliarso menegaskan, pada siang hari truk tidak boleh melintas di Jalan HR Soebrantas dari arah Simpang Arengka. Truk angkutan hanya bisa melintas dari Jalan SM Amin ke arah Jalan HR Soebrantas menuju Simpang Garuda Sakti.

 

"Jadi kita ingatkan kepada pengemudi truk, agar tidak melintas di luar jadwal yang ditentukan," tegasnya, Senin 28 Maret 2022.

 

 

Dirinya mengingatkan agar pengusaha angkutan dan pengemudi mengikuti keputusan Wali Kota Pekanbaru tentang jalur angkutan. Mereka bisa mengikuti jalur tersebut agar tidak ada lagi truk angkutan masuk kota. 

 

"Jalu ini sudah disusun untuk alasan keselamatan lalu lintas masyarakat. Sudah ada jalurnya, maka pelaksanaannya butuh komitmen bersama. Apalagi sudah disosialisasikan sejak 2019 silam," jelasnya.