Bebas Lalu-lalang, Truk ODOL "Sukses" Bikin Tabek Gadang Macet Total

Kemacetan-Simpang-Tabek-Gadang.jpg
(Muthi Haura/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Simpang Tabek Gadang Panam mengalami kemacetan luar biasa. Pasalnya, dari hasil pantaun RIAUONLINE.CO.ID, kemacetan ini disebabkan banyaknya truk serat muatan atau over dimension over load (ODOL) yang berlalulalang, Minggu, 27 Maret 2022 malam.

Kemacetan ini juga membuat mobil tak bergerak. Bunyi klakson bersahut-sahutan. Beberapa kendaraan bermotor memilih memutar arah ketimbang harus masuk dalam kemacetan. Warga sekitar dan manusia silver turut membantu mengatur lalu lintas jalan yang semberawut.

Dalam kondisi macet seperti ini, para stake holder yang seharusnya bertanggungjawab mengawasi, tetapi justru tidak ada.

 

Kemacetan di Simpang Tabek Gadang Panam, Minggu, 27 Maret 2022 malam/Muthi Haura/Riau Online

Salah satu penjual gorengan di dekat Tabek Gadang, Minah mengatakan, kemacetan ini sudah berlangsung kurang lebih hampir dua jam-an. 

 


“Cukup lama juga. Biasanya nggak gini banget. Ditambah lampu lalulintasnya kayanya mati,” katanya kepada RIAUONLINE.CO.ID, Minggu, 27 Maret 2022 malam.

Minah mengaku pusing mendengar suara klakson yang saling bersahutan. “Nggak tau ini macetnya bakal sampai jam berapa,” ujarnya pasrah.

 

Hal senada juga diungkapkan warga setempat, Roni. Roni mengkhawatirkan, kemacetan seperti ini berpotensi menyebabkan kecelakaan atau perkelahian antara sesama pengemudi.

“Semoga saja tidak terjadi,” pungkasnya.