Kawasan Jalan Agus Salim Dibersihkan Jelang JAS Festival

JAS-Fest.jpg
(Laras Olivia/RIAUONLINE)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Tim gabungan dari Pemerintah Kota Pekanbaru melakukan pembersihan kawasan Jalan Agus Salim jelang pembukaan JAS Fest atau Jalan Agus Salim Festival.

Tim gabungan tampak mengangkat satu per satu barang milik pedagang. Kawasan tersebut harus bersih dan tertata sebelum JAS Fest digelar Jumat besok, 25 Maret 2022.

Namun sejumlah pedagang tidak terima saat lapak miliknya dibereskan. Mereka masih ingin berjualan di kawasan tersebut.

"Kita kan masih mau jualan sampai siang. Ini malah udah beres-beres," ujar Neni, Kamis 24 Maret 2022.

Kabid Ops Satpol PP Kota Pekanbaru Reza Aulia Putra memastikan sudah memberi pengertian kepada para pedagang agar tidak ada kendala dalam persiapan JAS Fest.


"Sesuai rapat dengan ketua tim, hari ini kita melakukan pengamanan di sekitar kawasan Jalan Agus Salim. Kita sudah jelaskan kepada para pedagang," ujar Reza.

Mereka melakukan pembersihan agar kawasan itu bersih dan nyaman bagi para pengunjung.
Petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Pekanbaru menyirami pedestrian dengan air bercampur sabun.

Aparat dari Satpol PP Kota Pekanbaru mengawasi proses pembersihan kawasan itu jelang pembukaan JAS Fest. Kondisi di ruas Jalan Agus Salim dan pedestrian sekitarnya sudah mulai tertata.

Reza menyebut, puncak JAS Fest berlangsung Jumat malam. Pagelaran tersebut nantinya memperkenalkan kawasan Agus Salim sebagai pusat kuliner dan ekonomi kreatif baru di Kota Pekanbaru.

Ia mengatakan iven ini berlangsung selama dua hari. Kegiatannya bergulir dari Jumat malam dan Sabtu malam. "Besok pagi sudah pasang tenda, tentu hari ini harus membersihkan kawasan ini," paparnya.

Pihaknya juga menata para pedagang di kawasan itu selama penyelenggaraan JAS Fest. Ia menyebut, pembersihan arena JAS Fest melibatkan 50 personel Satpol PP Kota Pekanbaru untuk pengamanan.

Ada juga petugas dari DPKP Kota Pekanbaru, DLHK Kota Pekanbaru, Dinas PUPR Kota Pekanbaru. Lalu dari Disperindag Kota Pekanbaru dan Disbudpar Kota Pekanbaru.