Pejabat Pemko Pekanbaru Bakal Pelesiran ke Mesir, Jamil: Untuk Promosi Daerah

Muhammad-jamil20.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru berencana melakukan perjalanan ke Mesir. Hal ini diketahui dari beredarnya surat yang ditujukan ke Pemerintah Provinsi.

Dalam surat tersebut, ada belasan kepala OPD yang namanya diikutsertakan dalam perjalanan. Ada juga terdapat satu pejabat di BUMD Pekanbaru.

Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Muhammad Jamil mengatakan, perjalanan dinas tersebut untuk promosi daerah Kota Pekanbaru. Ia menilai wajar bila pemerintah kota mempromosikan Kota Pekanbaru di ajang mancanegara.

Namun perjalanan ke luar negeri ini masih belum mendapat persetujuan dari Menteri Dalam Negeri. Ia menegaskan bahwa rencana perjalanan dinas itu baru tahap pengajuan.


"Kalau memang jadi berangkat tidak sebanyak itu, tetap diseleksi lagi yang hendak berangkat. Saya sendiri juga tidak berangkat, hanya OPD yang terlibat bakal ikut," ujarnya, Minggu 20 Maret 2022.

Jamil menjelaskan bahwa rombongan yang berangkat hanya pejabat OPD terkait iven di sana. Pejabat OPD yang tidak terlibat langsung tentu tidak ikut.

"Maka ada sejumlah OPD yang bakal kita bawa masih belum kita beri tahu, kalau sudah pasti kita panggil. Kan tidak semuanya," paparnya.

Ia memastikan rencana keberangkatan perjalanan dinas luar negeri sudah sesuai prosedur. Menurutnya, prosedur perjalanan dinas ke luar negeri cukup panjang karena harus mendapat izin dari Menteri Dalam Negeri.

"Jadi masih dalam proses dan yang berangkat tidak semuanya, dua tiga orang wajar berangkat. Mereka mempromosikan Kota Pekanbaru," jelasnya.

Diketahui keberangkatan sejumlah pejabat ini dibebankan kepada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Pekanbaru tahun 2022.