Minyak Goreng Langka di Daerah Penghasil CPO, Wali Kota Firdaus: Ironis

Firdaus56.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Hingga kini minyak goreng menjadi barang langka di Riau. Kelangkaan minyak goreng di Kota Pekanbaru jadi catatan tersendiri bagi Wali Kota Pekanbaru, Firdaus.

 

Ia menilai kelangkaan minyak goreng ironis sebagai daerah perkebunan kelapa sawit dan penghasil CPO.

 

"Ironis," katanya.

 

Apalagi di Provinsi Riau terdapat sejumlah pabrik yang memproduksi minyak goreng.

 

"Kita memang secara detil tidak tahu, pola tata niaganya seperti apa, sampai sampai jadi langka," ujarnya, Selasa 16 Maret 2022.

Firdaus menyadari permasalahan distribusi minyak goreng sudah menjadi isu nasional. Ia menyebut, Kementerian Perdagangan RI bersama pemerintah kota bisa mengontrol distribusi minyak goreng ke masyarakat.


 

Dirinya menegaskan bahwa pemerintah kota berupaya mencukupi kebutuhan minyak goreng. Ia menyebut, mesti ada solusi karena tidak lama lagi memasuki bulan Ramadan.

 

Firdaus juga menanti kebijakan dari pemerintah pusat agar masalah pasokan minyak goreng ini teratasi. Ia menyebut bahwa dinas hanya bisa mengawasi agen yang ada.

 

 

 

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru harus memberi perhatian khusus dalam mengawasi peredaran minyak goreng di pasaran.

 

"Kita hanya bisa mengawasi agen, kita tidak bisa melakukan intervensi. Sebab kuota minyak goreng sudah ada," pungkasnya.