Marhum Pekan Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional, Ini Sketsa Wajahnya

Sultan-Muhammad-Ali-Abdul-Jalil-Muazzam-Syah.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Pendiri Kota Pekanbaru, Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah diusulkan sebagai pahlawan nasional. Sketsa dari wajah Sultan Siak kelima ini akhirnya diperlihatkan untuk pertama kalinya di depan publik, Selasa 15 Maret 2022.

 

Pada sketsa terlihat raut wajah pendiri Kota Pekanbaru itu tampak begitu tegas. Sorot matanya tajam dengan alis tebal yang rapi. 

 

Rambutnya terurai hingga bahu dengan Tanjak atau ikat kepala khas melayu terpasang di kepala. Sosok berjuluk Marhum Pekan ini memiliki kumis dan janggut hingga jambang yang terawat.

 

 

Sketsa wajah dari Sultan Muhammad Ali akhirnya diperlihatkan setelah mendapat izin dari keturunan dan kerabat Kerjaaan Siak Sri Indrapura.

 

Sosok pembuat sketsa wajah Marhum Pekan yakni Syamsuyan Bahrunzi. Dirinya mengaku tidak butuh waktu lama untuk membuat sketsa.

 


Namun yang membutuhkan waktu lama adalah penyempurnaan sketsa wajah dari Marhum Pekan. "Kalau buat sketsa cuma sehari, tapi ada perbaikan. Sebulan menyempurnakannya," paparnya.

 

Kendala lainnya dalam proses penyelesaian sketsa yakni tim  kesulitan mencari dokumentasi wajah Marhum Pekan. Hal ini dikarenakan Marhum Pekan tidak memiliki dokumentasi foto. 

 

 

Syam menggambarkan secara detil wajah Sultan Muhammad Ali dalam sketsa usai mendapat masukan dari keturunan Sultan Siak Sri Indrapura. Ia juga mendapat masukan dari keluarga Kerajaan Siak. 

 

"Maka digambarkan wajah beliau sesuai dari masukan kerabat kerajaan dan naskah klasik," terangnya.

 

Hingga kini tim Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Kota Pekanbaru terus menyempurnakan syarat agar Marhum Pekan bisa mendapat gelar pahlawan nasional.