40 Ribu Lebih Anak Pekanbaru Belum Divaksin, Orang Tua Jadi Biang Kerok?

Vaksinasi-anak18.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Puluhan ribu anak di Kota Pekanbaru belum mendapat suntikan vaksin Covid-19. Ada 43.026 orang anak usia enam hingga sebelas tahun belum mendapatkan suntik vaksin sejak awal Januari 2022 lalu. 

 

Mereka yang sudah mendapat suntikan vaksin dosis pertama  sebanyak 59.991 orang. Capaian vaksin dosis pertama anak-anak di Kota Pekanbaru sebanyak 58,23 persen. 

 

Sedangkan capaian dosis vaksin kedua baru 31,36 persen. Kondisi tersebut menjadi catatan bagi Tim Satgas Penanganan Covid-19 di Kota Pekanbaru. 

 

 

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus mendorong percepatan vaksinasi bagi anak. Apalagi capaian vaksin dosis pertama masih di bawah 60 persen. 

 

"Kita mengimbau orangtua agar membawa anak-anak bisa vaksinasi. Vaksin ini agar anak - anak terlindung dari ancaman dampak Covid-19," paparnya, Senin 8 Maret 2022.


 

Menurutnya, anak-anak yang sudah suntik vaksin bisa memiliki kekebalan sehingga lebih aman dari Covid-19. Ia juga mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran tatap muka atau PTM di sejumlah sekolah swasta. 

 

 

Firdaus menyampaikan bahwa sejumlah sekolah melonggarkan protokol kesehatan. Ia menyebut, tim bakal mengevaluasi hingga memberi sanksi sekolah yang abai terhadap protokol kesehatan. 

 

Dirinya juga menegaskan, peserta didik yang hendak mengikuti PTM harus suntik vaksin terlebih dahulu.