Vaksinasi Anak dan Lansia di Pekanbaru Masih di Bawah Target

vaksin-anak-bawah-terget.jpg
(/Laras Olivia/RIAUONLINE)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Capaian vaksinasi masyarakat lanjut usia atau lansia di Kota Pekanbaru masih di bawah 70 persen. Selain itu, capaian vaksinasi anak juga menjadi perhatian bagi tim satgas.

Data dari Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, capaian vaksinasi dosis pertama bagi lansia baru 65,25 persen dari total sasaran yakni 52.759 orang. Sedangkan vaksin dosis kedua lansia baru 57,12 persen.

Sementara capaian vaksinasi bagi anak-anak untuk dosis pertama masih di bawah 60 persen yakni 58,23 persen dari total sasaran sebanyak 103.017 orang. Capaian vaksinasi dosis kedua baru 31,2 persen.

Wali Kota Pekanbaru menyebut, tim sedang menggesa vaksinasi bagi lansia dan anak-anak. "Yang kita kejar untuk vaksinasi adalah lansia dan anak-anak, jadi bersama TNI Polri serta berbagai pihak," jelasnya, Senin 7 Maret 2022.


Firdaus tidak menampik masih ada penolakan dari sejumlah orang tua. Ia menegaskan bahwa vaksinasi sangat penting bagi anak-anak agar terlindung dari ancaman dampak Covid-19.

Dirinya menilai anak-anak yang sudah suntik vaksin bisa memiliki kekebalan sehingga lebih aman dari Covid-19. Ia menegaskan bahwa peserta didik yang hendak mengikuti PTM harus suntik vaksin terlebih dahulu.

"Vaksinasi ini menjadi mutlak, kita melindungi anak-anak kita, belajar perlu tapi melindungi nyawa mereka lebih penting," ujarnya.

Tim menggesa vaksinasi lewat percepatan vaksin di layanan rutin puskemas dan rumah sakit. Ada juga layanan vaksinasi centre hingga vaksinasi massal.