PUPR Pekanbaru Belum Rencanakan Pemasangan Portal Jembatan Leighton I

portal-leiton.jpg
(Laras Olivia/RIAUONLINE.)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Portal di Jembatan Leighton I atau Jembatan Siak I dilepas sementara. Saat ini kondisi hanya ada dua pilar yang terdapat di bagian pangkal jembatan.

Pantauan riauonline.co.id, satu bagian pangkal portal rusak berat. Posisi portal mestinya berada di bagian pangkal jembatan dari arah Jalan Riau menuju Jalan Yos Sudarso.

Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru, Indra Pomi belum memastikan kapan portal itu bakal dipasang lagi. Ia menyebut, pemasangan kembali portal akan dikoordinasikan dengan Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru.

"Kita belum pastikan jadwalnya, nanti kita kordinasi dengan dinas perhubungan," ujarnya, Minggu 6 Maret 2022.


Dirinya mengaku sudah berkoordinasi langsung dengan UPT Wilayah I Dinas PUPR PPKP Provinsi Riau. Menurutnya, tim langsung survei pada Sabtu malam kemarin guna melakukan pencopotan terhadap portal yang kondisinya rusak.

"Mereka sudah lakukan pencopotan terhadap portal itu hingga Minggu dinihari," jelasnya.

Pencopotan portal itu bermula dari laporan Camat Rumbai terkait kerusakan portal jembatan tersebut. Ia lantas meneruskan laporan ke UPT Wilayah I Dinas PUPR PPKP Provinsi Riau.

Keberadaan portal itu memang untuk mencegah adanya truk angkutan barang melintas di sana. Mereka bisa melintas di jembatan lainnya seperti di Jembatan Siak II dan Jembatan Siak IV.

Sementara itu, ramai kendaraan melintas dari arah Jalan Riau menuju Jalan Yos Sudarso di Kawasan Rumbai. Mereka yang melintas hanya kendaraan roda empat pribadi dan sepeda motor.