Muncul Nama-nama Penjabat Wali Kota, Ini Kriteria Pemimpin Idola Azwendi

Tengku-Azwendi-Fajri21.jpg
(Muthi Haura/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Menjelang berakhirnya masa jabatan Walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru Firdaus-Ayat, banyak nama pejabat (Pj) mencuat kepermukaan. 

 

Nama-nama ini digadangkan sebagai penerus estafet kepemimpinan Walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru untuk periode selanjutnya.

 

"Memang sekarang sudah ada beberapa nama muncul. Hingga hari ini, kita belum tahu siapa pejabat yang diusulkan nanti," kata Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Tengku Azwendi Fajri, Rabu, 23 Februari 2022.

 

 

Azwendi mengatakan, menurutnya, untuk menduduki PJ Walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru, ada beberapa kriteria yang harus dimiliki oleh calon PJ.

 

Kriteria yang harus dimiliki, di antaranya, sang pejabat harus mengerti masalah sosial, budaya, keamanan, pendidikan, kesehatan serta masalah ekonomi di Kota Pekanbaru.

 


"Selain itu, PJ yang cocok juga sosok yang memiliki kemampuan komunikasi politik dengan baik," ujarnya.

 

Politisi Demokrat ini juga berharap, Gubernur Riau dan Kementerian juga bisa melakukan komunikasi politik dengan semua pihak terkait hal-hal yang ada di Kota Pekanbaru, termasuk PJ Walikota.

 

"Kita di DPRD Pekanbaru juga siap jika memang dibutuhkan masukan untuk menentukan sosok Pj. Terutama untuk kesinambungan pembangunan dan program masyarakat Kota Pekanbaru," pungkasnya.

 

Beberapa nama-nama mulai muncul ke permukaan dan digadang-gadang menjadi Penjabat (PJ) Walikota. Sebut saja SF Hariyanto yang sekarang menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau.

Ada juga nama Sekretariat Dewan (Sekwan) DPRD Provinsi Riau, Muflihun dan juga Jonli Kepala Dinas Tenaga Kerja (Kadisnaker) Riau.