Banyak Vaksin Bakal Kedaluwarsa, Firdaus Minta Vaksinasi Dikebut agar Tak Mubazir

vaksin-booster-firdaus.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Tim vaksinasi di Kota Pekanbaru harus menggesa vaksinasi. Pasalnya, banyak dosis vaksin Covid-19 bakal memasuki masa kadaluarsa. 

 

"Dari apa yang dijelaskan tim pusat, banyak vaksin yang akan memasuki masa expired atau kadaluarsa, maka harus segerakan," terang Wali Kota Pekanbaru, Firdaus, Senin 21 Februari 2022.

 

Menurutnya, tim sudah memanfaatkan vaksin tersebut. Ia menyebut bahwa tim sejak pekan lalu sudah berusaha memanfaatkan vaksin yang dekat masa kadaluarsa.

 

Dosis vaksin yang mendekati masa kadaluarsa harus segera digunakan agar tidak mubazir. Ia mendorong vaksinasi bisa dipercepat bagi masyarakat yang mudah dijangkau didukung tenaga kesehatan.

 

"Maka kita berusaha semua komponen, termasuk juga relawan menggunakan vaksin yang ada. Baik jajaran pemerintah kota maupun juga TNI dan polri," paparnya.

 

Menurutnya, semua pihak yang diberi kepercayaan untuk menggelar vaksinasi bisa bersinergi dan maksimal memanfaatkan vaksin yang ada. Ia juga berharap bisa bergerak dengan kegiatan produktif agar ekonomi tumbuh.


 

Cara ini adalah upaya untuk keluar dari krisis ekonomi. Namun pemerintah tetap berupaya melindungi masyarakat secara maksimal.

 

 

Firdaus mengatakan bahwa hubungan antara penyebaran Covid -19 dengan aktivitas masyarakat sangat erat. Ia mengajak masyarakat untuk disiplin mengikuti protokol kesehatan.

 

"Bila kita ingin bergerak lebih baik tentu harus disiplin lebih tinggi dalam penerapan protokol kesehatan di semua kegiatan," paparnya.