Codet, Gajah Jantan Soliter Yang Ingin Kawin

terekam.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Media sosial facebook dihebohkan dengan penampakan seekor gajah liar melintas di ruas jalan tol Pekanbaru-Dumai, Kilometer 73, Kecamatan Pinggir, Bengkalis.

Dalam rekaman video diunggah seorang warga Erwin Nababan, Sang gajah jantan terlihat melintas dengan santainya di ruas tol. Gajah masuk area tol setelah merusak pagar panel pembatas.

Kepala Bidang Teknis Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Mahfud mengatakan, pada Minggu malam terjadi hujan deras yang mengakibatkan terowongan gajah (underpass) tergenang air.

“Gajah ini melintas tol jadi pada malam itu ada hujan deras hingga underpass tertutup air sehingga gajah ini tidak bisa melintas, gajah mengarah ke kanan mencari titik terendah untuk melintas pagar beton di sana,” sebutnya, Rabu, 16 Februari 2022.

Gajah jantan ini merupakan satwa dalam pantauan BBKSDA Riau penghuni Suaka Margastwa Balairaja. Gajah bernama Codet itu telah dipasang GPS Collar untuk memantau keberadaannya.

“Gajah itu melangkah dengan cara merobohkan beton yang di sana, kejadiannya di Kilometer 73 sedangkan underpass berada di Kilometer 72,” tutur Mahfud.


Mahfud menjelaskan, kejadian gajah liar melintas di Jalan Tol baru pertama kali terjadi.

“Selama ini gajah selalu lewat underpass dan yang melintas di atas Tol baru kali ini karena faktor alam, hujan sehingga underpass tergenang,” ungkapnya.

Dari pantauan GPS Collar, saat ini posisi gajah telah mengarah ke kawasan Suaka Margasatwa Balairaja.

“Kami cek di titik koordinatnya sekitar empat kilometer dari jalan tol menuju kawasan Balairaja,” tutupnya.

Codet Ingin Kawin

Codet merupakan gajah soliter atau gajah tunggal di Balairaja. Menurut pantauan GPS Collar, gajah Codet sudah biasa mondar mandir balairaja-Giam Siak Kecil. Ia akan bertahan di satu tempat selama tiga bulan.

Gajah Codet senang ke Giam Siak Kecil mencari teman bermain dan betina untuk dikawini.

"Codet ini soliter, hidup sendiri dan tak ada temannya. Jadi dia ke Giam Siak Kecil untuk mencari teman bermain dan betina untuk dikawini," ujar Mahfud.

Gajah Codet masuk melintas di jalan tol baru pertama terjadi. Biasanya, gajah ini melintas lewat terowongan (underpass) di kilometer 72. Karena underpass tergenang air akibat hujan deras semalaman, Codet cari jalan pintas masuk tol. (Rahmadi Dwi /Defri Candra)