Jalan Kaki 20 Menit Dapat Turunkan Risiko Sakit Jantung

jalan-kaki-bagi-tubuh.jpg
(Net)

RIAUONLINE - Sebuah penelitian menemukan jalan kaki 20 menit setiap hari bisa mengurangi risiko masalah jantung pada usia di atas 70 tahun.

Para ilmuwan di Italia mengatakan tidak ada kata terlambat bagi semua orang yang ingin tetap bugar dan terhindar dari masalah jantung ketika lansia.

Profesor Gianfranco Sinagra, dari Universitas Trieste, mengatakan aktivitas fisik salah satu cara paling manjur untuk mencegah masalah jantung, seperti jalan kaki.

Bahkan dilansir dari The Sun, sejumlah aktivitas fisik bisa memberikan efek menguntungkan pada orang lanjut usia.

Dalam studi tersebut, para ilmuwan memeriksa catatan medis selama 20 tahun dari sekitar 2.800 orang berusia di atas 65 tahun.

Pada orang-orang yang aktif, olahraga sedang atau berat selama 20 menit per hari, seperti berjalan, bermain bowling, memancing, berkebun, bersepeda, berenang, atau gym bisa membantu menurunkan risiko masalah jantung.


Studi ini menemukan pria yang aktif memiliki risiko 52 persen lebih rendah mengalami masalah jantung daripada pria yang sering diam selama usia tersebut.

Mereka 26 persen lebih kecil kemungkinannya terkena penyakit jantung, 34 persen lebih kecil terkena penyakit arteri koroner, dan 28 persen lebih rendah risiko gagal jantung.

Dalam penelitian ini, wanita juga mengalami penurunan risiko masalah jantung setelah jalan kaki, meskipun tidak sebanyak pria.

Manfaat olaharaga ini lebih besar pada orang yang berusia awal 70 tahunan dan dilakukan secara teratur.

"Risiko masalah jantung selalu lebih rendah di antara pria dan wanita yang aktif, seperti halnya risiko kematian secara keseluruhan.

Hasil ini menunjukkan bahwa kebijakan kesehatan masyarakat harus aktivitas fisik bagi semua orang, paling tidak berjalan kaki.

Hal ini muncul setelah penelitian oleh Rumah Sakit Umum Massachusetts di Boston, mengungkapkan orang yang lebih bahagia juga memiliki risiko masalah jantung yang lebih rendah.

Artikel ini sudah tayang di SUARA.com