Berkeliaran di Selokan Rumah Warga, Damkar Amankan Ular Sanca 3 Meter

Piton5.jpg
(Dok Damkar Pekanbaru)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Tim Rescue Pemadam Kebakaran Kota Pekanbaru mengevakuasi seekor ular sanca dari selokan rumah warga. Proses evakuasi sempat Alami kendala karena selokan yang sempit membatasi ruang gerak petugas.

 

Kejadian bermula pada Senin, saat pemilik rumah bernama Syaifullah, melihat seekor ular masuk ke dalam selokan yang berada di depan rumahnya di Jalan Cempaka, Sukajadi, Pekanbaru.

 

Pemilik rumah kemudian menghubungi tim Damkar untuk mengevakuasi ular tersebut.

 

 

Wadanton Rescue Damkar Pekanbaru, Rahmad mengatakan, tim Damkar mendapat laporan dari pemilik rumah bahwa ada ular yang masuk ke dalam selokan di depan pekarangan rumahnya.

 

“Beliau mengatakan bahwa ada ular di selokan depan rumah pekarangannya, sampai disana kita melihat ular berada di selokan, yang memakan seekor tikus, kita langsung melakukan evakuasi ular tersebut,” sebutnya, Selasa, 8 Februari 2022.

 

Evakuasi ular sepanjang tiga meter itu sempat mengalami kendala karena kondisi selokan yang sempit sehingga menyulitkan petugas mengevakuasi satwa liar tersebut.

 

“Karena posisi berada di selokan jadi ruang gerak kita sempit menyulitkan proses evakuasi,” tuturnya.


 

 

 

Dengan menggunakan sarung tangan dan tongkat penjepit, petugas berhasil menangkap ular sanca tersebut.

 

Ular kemudian dibawa Damkar Kota Pekanbaru, selanjutnya akan dilepasliarkan ke habitatnya yang jauh dari pemukiman penduduk.