Seorang Warga Pekanbaru Diduga Positif Omicron, Ini Penjelasan Kadiskes

Zaini-Rizaldy9.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Virus Omicron dikabarkan masuk Kota Pekanbaru. Ada satu warga Pekanbaru pulang dari perjalanan umrah dikabarkan terkonfirmasi positif Covid-19 varian Omicron.

Pria inisial E juga dikabarkan sempat berkunjung ke Batam, sepulang dari menjalankan ibadah umrah, awal 2022 lalu. Ia terkonfirmasi Covid-19 dari hasil pemeriksaan laboratorium di Batam, Sabtu 29 Januari 2022.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, dr Zaini Rizaldy Saragih, belum memastikan hasil pemeriksaan E. Ia mengatakan, hasil pemeriksaan yang dilakukan di Batam tersebut masih probable atau dalam kategori suspek.

"Itu masih probable, belum pasti lagi, ini baru diambil sampelnya untuk diuji lagi," terang Zaini, Minggu 30 Januari 2022.

Lebih lanjut Dijelaskannya, untuk memastikan positif varian Omicron harus diuji ke Litbangkes. Dari hasil itu, baru bisa dinyatakan bahwa pasien tersebut positif Omicron atau tidak.


Jika hasil dari Litbangkes menyatakan negatif Covid-19 varian Omicron, maka pasien dapat kembali ke rumah.

"Hari ini kita ambil sampel, nanti kalau hasilnya negatif kita bebaskan lagi," paparnya.

Sebelumnya, Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar meminta masyarakat Provinsi Riau untuk tetap disiplin protokol kesehatan menyusul adanya seorang warga Pekanbaru terkonfirmasi virus Covid-19 varian Omicorn.

"Saat ini Omicron telah masuk ke Riau, tolong sampaikan ini kepada masyarakat agar tetap disiplin protokol kesehatan," ujarnya, Sabtu kemarin.

Selain disiplin prokes, Syamsuar juga meminta masyarakat Provinsi Riau untuk mengikuti vaksinasi bagi yang belum divaksin.