Zaini Rizaldy Pastikan Tidak Ada Anak Alami KIPI setelah Vaksinasi di Pekanbaru

Zaini-Rizaldy9.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun masih berlanjut. Anak-anak di Kota Pekanbaru hingga saat ini tidak ada yang mengalami gejala mengkhawatirkan pasca mendapat suntik vaksin Covid-19.

 

"Untuk sampai saat ini, tidak ada anak yang mengalami kondisi mengkhawatirkan terhadap anak yang sudah suntik vaksin Covid-19," jelas Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy, Jumat 21 Januari 2022.

 

Ia menyadari, sejumlah orangtua masih khawatir terhadap efek samping dari vaksinasi bagi anak-anak. Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru pun menyampaikan panduan bagi orangtua. 

 

 

Zaini mengatakan bahwa efek samping pasca vaksin tidak hanya terjadi dalam vaksinasi Covid-19. Kondisi serupa juga terjadi pada penerima imunisasi lainnya.

 


Dirinya mengimbau masyarakat agar tidak ragu akan efek samping pasca vaksin. Ia menegaskan, vaksin yang diberikan kepada anak-anak sudah lolos uji penelitian dari BPOM sehingga layak diberikan kepada masyarakat. 

 

Pihaknya mengimbau kepada orangtua yang sudah membawa anaknya vaksin bisa datang ke puskesmas terdekat bila mengalami efek samping pasca vaksinasi. Mereka nantinya mendapat penanganan dari petugas di puskesmas sesuai kondisi pasca vaksin. 

 

 

Ada petugas yang siap memberi penanganan terhadap kondisi pasca imunisasi. Mereka bisa lapor ke puskesmas atau rumah sakit terdekat. 

 

"Terkait efek samping vaksin kepada anak, bisa lapor ke puskesmas atau rumah sakit terdekat," paparnya.