Mendagri Tito Dorong Vaksinasi Door to Door Bagi Lansia di Pekanbaru

Tito-Karnavian3.jpg
(RAHMADI DWI/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Masyarakat lanjut usia atau lansia merupakan kelompok rentan terhadap virus corona. Mereka mesti divaksin guna mendapatkan kekebalan daya tahan tubuh.

 

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mendorong tim vaksinasi bisa lebih gesit untuk melakukan vaksinasi bagi lansia. Mereka mesti jemput bola, satu upaya yakni dengan sistem door to door.

 

"Karena cukup sulit membawanya (lansia) ke tempat umum. Yang meninggal juga banyak dari lansia, kemudian anak-anak," ujarnya saat meninjau pelaksanaan vaksin anak-anak di Sekolah Dasar Negeri 36, Pekanbaru, Jumat 21 Januari 2022.

 

 

Mantan Kapolri ini mengatakan, pentingnya digesa percepatan vaksinasi. Apalagi saat ini sudah muncul varian baru virus Omicron. "Kita jangan lengah, kasus sebaran Omicron di negara tetangga cukup tinggi. Di Singapura bisa 100 kasus per hari," paparnya.

 

Dalam kunjungannya di sekolah, Tito juga mengingatkan agar para orangtua jangan ragu anaknya divaksin. Menurutnya, jika orangtua keberatan, maka akan menjadi satu kendala.


 

"Kalau ada yang keberatan, orangtua bisa diberikan pencerahan. Ini agar anak-anaknya bisa terlindungi," katanya mengatakan.

 

 

Tito karnavian mengatakan, percepatan vaksinasi demi mendorong pembelajaran tatap muka pada anak-anak. Ia tidak ingin anak-anak kurang pengetahuan karena metoda hanya mengandalkan daring.

 

“Dikarenakan potensi penularan, jadi dengan vaksinasi mereka kebal, otomatis tatap muka akan lebih baik,” ulasnya.