Pemko Pekanbaru Optimis Berstatus PPKM Level 1, Ini Indikatornya

M-Jamil.jpg
(pekanbaru.go.id)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru optimis dapat status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1. Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru Muhammad Jamil menilai, saat ini kasus positif Covid-19 di Pekanbaru melandai.

"Secara indikator yang ditetapkan pemerintah pusat, kita seharusnya sudah bisa PPKM level 1. Untuk kasus harian kita juga nihil," terang Jamil, Senin 17 Januari 2022.

Dijelaskannya, sejumlah indikator lainnya yakni capaian vaksinasi umum Kota Pekanbaru sudah berada di angka 102 persen. Kemudian, capaian vaksinasi warga lanjut usia sudah melewati target di atas 60 persen.

"Kita optimis sekali untuk berada di PPKM level 1. Apalagi target vaksinasi kita sudah tercapai semua," jelasnya.

Sementara itu, Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru mencatat hasil pemetaan zona risiko Covid-19 per tanggal 16 sampai 22 Januari 2022. Hanya ada tiga kecamatan di Pekanbaru bestatus zona kuning dengan tingkat risiko penularan rendah.


"Sementara 12 kecamatan lainnya telah masuk zona hijau atau sudah tidak terdampak Covid-19," ujar Kepala Dinas Kesehatan dr. Zaini Rizaldy Saragih.

12 kecamatan masuk zona hijau yakni, Kecamatan Binawidya, Kulim, Limapuluh, Marpoyan Damai, Payung Sekaki, Pekanbaru Kota, Rumbai Barat dan Rumbai Timur. Kecamatan Sail, Senapelan, Tenayan Raya dan Kecamatan Tuah Madani.

"Sementara tiga kecamatan zona kuning di antaranya Bukit Raya, Rumbai dan Sukajadi," lanjutnya.

Sedangkan untuk kelurahan, dari total 83 kelurahan, tinggal 1 kelurahan lagi yang masih berstatus zona kuning. " Itu Kelurahan Tangkerang Utara, Kecamatan Bukit Raya. Untuk 82 kelurahan lainnya sudah masuk zona hijau," papar Zaini.