Hore, Pengunjung RTH Kaca Mayang Kini Bisa Baca Buku di Perpustakaan Digital

Perpustakaan-Digital-di-RTH-Kaca-Mayang.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Sembari rekreasi di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kaca Mayang, kini pengunjung juga bisa membaca buku di sana. Terdapat Perpustakaan Digital yang menyediakan berbagai buku menarik dan berbasis teknologi digital.

Masyarakat yang datang ke perpustakaan ini juga bisa membaca buku melalui perangkat komputer yang tersedia. Bagi yang membawa gawai juga bisa tersambung langsung dengan internet.

Buku digital berasal dari aplikasi iPusnas milik Perpusnas. Ada koleksi ebook mencapai 67 ribu judul dan iPekanbaru milik Pemerintah Kota  Pekanbaru dengan koleksi ebook mencapai delapan ribu judul.

 

Pembangunan gedung perpustakaan ini bentuk program CSR dari PT. PJB PLTU Tenayan. Peresmiannya oleh Wali Kota Pekanbaru, Firdaus, Rabu 5 Januari 2022.

Firdaus mengapresiasi kehadiran perpustakaan di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pekanbaru ini. "Kita berharap nantinya bisa mendorong peningkatan budaya literasi di tengah masyarakat," paparnya.

Dirinya juga mendukung perpustakaan ini bersama pojok baca digital atau pocadi. Pocadi merupakan model perpustakaan dengan format buku digital e-book dan layanan buku cetak.

"Literasi digital bisa diterapkan di mana saja, yakni di lingkungan keluarga, lingkungan sekolah ataupun lingkungan masyarakat. Dengan manfaat yang bisa dirasakan dengan literasi digital ini ialah mendukung terwujudnya Pekanbaru Smart City yang aman, nyaman dan efisien," jelasnya.


 

 

GM PT. PJB PLTU Tenayan, Arif Wicaksono menyebut bahwa pembangunan perpustakaan ini merupakan bentuk dukungan pihaknya terhadap program  pemerintah kota. Ia berharap nantinya kerjasama dengan pemerintah kota terjalin di berbagai sektor.

Pihaknya juga sudah berkolaborasi dengan Dispusip Kota Pekanbaru untuk pembangunan perpustakaan digital ini. Arief menilai program ini merupakan satu program unggulan PT PJB PLTU Tenayan.