Perkembangan Bumi dan Sejarah Kehidupannya

Bumi4.jpg
(pixabay)

Laporan Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU-Kurun waktu prakambrium adalah kurun waktu tertua sejarah geologi. Kurun waktu prakambrium merujuk pada seluruh periode sejarah bumi sebelum pembentukan batuan tertua di mana fosil dapat ditemukan.

Namun dalam beberapa dekade terakhir, ahli geologi telah menemukan bahwa pada kurun waktu prakabrium ada fosil yang sulit dilihat. Saat ini Riau Online akan membahas mengenai National geographic, Perkembangan bumi dan sejarah kehidupannya, simak ulasannya berikut ini.

Era paleozoikum. Periode ini berlangsung 541.000.000-252.000.000 tahun yang lalu. Era ini ditandai dengan munculnya banyak sekali bentuk-bentuk kehidupan baru serta migrasi beberapa benua bumi dari belahan bumi selatan ke utara.

 

Era paleozoikum terdiri dari periode kambrium, ordovisium dan siluria, Devon, karbon dan sistem permian.


  1. Periode Kambrium (500-570 juta tahun yang lalu). Kalau dalam periode kambrium terbagi menjadi tiga yaitu bahwa/awal (542 juta tahun lalu), kalau tengah (513 juta tahun lalu) dan kalau atas/akhir (501 juta tahun lalu).
  2. Periode Ordovisium (435-500 juta tahun yang lalu). Periode ini terdiri atas tiga kala yaitu kala bawah/awal, kala tengah dan kala atas/akhir.
  3. Periode Silur (395-435 juta tahun yang lalu). Periode silur terdiri dari empat kala yaitu kala bawah/awal (Lliandovery), kala Wenlock, kala atas/akhir (Ludlow) dan kala Pridoli.
  4. Periode Devon (345-395 juta tahun yang lalu). Dalam periode ini memiliki tiga kala yaitu kala bawah/awal, tengah dan atas.
  5. Periode Karbon (280-345 juta tahun yang lalu). Periode ini terdiri dari tiga kala yaitu kala bawah/awal, kala tengah dan kala atas/akhir.
  6. Periode Permian (225-280 juta tahun yang lalu). Terdiri dari tiga periode yaitu Cisuralian, Guadalupian dan Lopingian.

National geographic, Perkembangan bumi dan sejarah kehidupannya  adalah Era mesozoikum yang berlangsung pada tahun yang lalu. Pada era ini dinosaurus muncul.

Dinosaurus menguasai bumi selama hampir 200 juta tahun. Selama era mesozoikum, benua-benua Yang ada sekarang bergabung menjadi sebuah superbenua. Namanya pangea. Cara mesozoikum terbagi dari tiga periode sebagai berikut.

  1. Periode Trias (195-225 juta tahun yang lalu). Gurun dan gunung yang diselimuti oleh semak membentang di sebagian besar lahan bumi.
  2. Periode Jura (135-195 juta tahun yang lalu). Pada periode ini kebanyakan makan terdiri dari hutan atau dataran Jawa dengan danau dan sungai yang berkelok-kelok.
  3. Periode Kreta (64-136 juta tahun yang lalu). Pada periode ini sungai-sungai mulai mengalir perlahan dan membentuk delta delta besar.

 


 

Era kenozoikum berlangsung 66 juta tahun yang lalu hingga saat ini. Pada era ini benua diasumsikan berkonfigurasi. Periode ini terdiri dari dua periode yaitu periode paleogen dan neogen.

  1. Periode Paleogen terdiri dari kala paleosen, eosen dan oligosen. Kala paleosen dan oesen dimulai sekitar 60 juta tahun yang lalu dan berlangsung sekitar 200 juta tahun lalu.
  2. Periode Neogen/quarter terdiri dari 4 kata yakni miosen pliosen pleistosen dan holosen. Kala miosen mulai sekitar 26 juta tahun yang lalu.

Sekian informasi mengenai National geographic, Perkembangan bumi dan sejarah kehidupannya. Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.