2 Fakta Kehidupan Manusia Dalam Perubahan dan Keberlanjutan

evolusi-manusia.jpg
(pixabay)

Laporan Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU-Kehidupan manusia tidak lepas dari berbagai perubahan. Perubahan fisik tubuh pun sejak lahir hingga tumbuh dewasa merupakan bukti manusia selalu mengalami perubahan.

Selain perubahan secara fisik, terdapat perubahan psikis berdasarkan pengalaman yang dilalui dan pembelajaran yang dapat diterima. Perubahan tersebut menunjukkan kehidupan manusia bersifat dinamis.

Perubahan dalam kehidupan manusia tidak mungkin terjadi tanpa sebab dan akibat. Sebab dan akibat yang mengiringi perubahan dalam kehidupan manusia tersebut menunjukkan proses keberlanjutan.

Artinya peristiwa yang menjadi penyebab perubahan tersebut akan mengakibatkan dapat tertentu bagi kehidupan pada masa-masa selanjutnya. Saat ini Riau Online akan membahas mengenai Manusia, 2 fakta Kehidupan manusia dalam perubahan dan keberlanjutan, simak ulasannya berikut ini.

 

Kehidupan manusia dalam dimensi waktu


  • Waktu sangat berharga dalam kehidupan manusia. Apabila waktu terlewatkan, ya tidak dapat kembali. Dalam sejarah, konsep waktu menjadi kunci dalam memahami dinamika kehidupan manusia. Konsep waktu dalam sejarah terdiri atas perubahan, kesinambungan, perkembangan dan pengulangan. Keempat konsep tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut.
  • Perubahan terjadi apabila masyarakat mengalami pergeseran yang hampir sama dengan perkembangan, namun asumsinya adalah perkembangan secara besar-besaran dan dalam waktu yang relatif singkat.
  • Kesinambungan terjadi apabila masyarakat tetap mengadopsi lembaga-lembaga dan kebiasaan-kebiasaan lama.
  • Perkembangan terjadi apabila masyarakat mengalami pergerakan berturut-turut dari satu bentuk ke bentuk lain.
  • Pengulangan terjadi apabila peristiwa pada masa lalu terjadi lagi. Akan tetapi hanya pola peristiwanya yang mengalami pengulangan. Dalam hal ini corak peristiwa yang terjadi memiliki kemiripan dengan peristiwa terdahulu. Sementara itu, pelaku, waktu dan tempat berlangsungnya peristiwa selalu berbeda.
  • Konsep waktu dalam sejarah menarik untuk dipelajari. 2 hal yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah manusia adalah ruang dan waktu. Ruang merupakan pusat aktivitas manusia yang bergerak dinamis dalam dimensi waktu. Konteks waktu memberikan penjelasan mengenai dinamika kehidupan manusia. Dimensi ruang dan waktu menjadikan ilmu sejarah mampu menjelaskan tentang perkembangan, perubahan, kesinambungan dan pengulangan dalam kehidupan manusia.

 

Perubahan dan keberlanjutan dalam sejarah

Manusia, 2 fakta Kehidupan manusia dalam perubahan dan keberlanjutan selanjutnya adalah perubahan dan keberlanjutan dalam sejarah. Setiap manusia mengalami perubahan. Perubahan dalam kehidupan manusia dapat disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal penyebab perubahan sebagai berikut.

  • Bertambah dan berkurangnya jumlah penduduk.
  • Penemuan-penemuan baru, baik berupa discovery maupun invention. Discovery dapat dimaknai sebagai penemuan unsur kebudayaan baru, baik berupa alat ataupun gagasan. Adapun invention adalah penemuan dari suatu unsur kebudayaan baru yang sudah diakui, diterima dan diterapkan oleh masyarakat.
  • Pertentangan dalam masyarakat.
  • Pemberontakan atau revolusi dalam masyarakat.

Faktor eksternal penyebab perubahan sebagai berikut.

  • Lingkungan fisik
  • Peperangan
  • Pengaruh kebudayaan asing

Rangkaian peristiwa yang telah terjadi maupun yang akan terjadi memiliki sifat keberlanjutan karena tidak ada peristiwa yang berdiri sendiri dan bisa dipisahkan dengan peristiwa lain.

Keberlanjutan terjadi karena adanya hubungan antara peristiwa. Peristiwa yang terjadi pada masa ini tidak lepas dari peristiwa pada masa lalu. Hal ini sejalan dengan pandangan Arnold Toynbee yang menyatakan bahwa mempelajari peristiwa masa lalu sangat berguna untuk membangun masa depan.

Meskipun demikian terdapat perbedaan antara keberlanjutan dan perubahan. Keberlanjutan ditunjukkan dengan suatu ajakan sedangkan perubahan menunjukkan adanya dinamika.

Kehidupan manusia selalu diwarnai dengan perubahan. Berbagai perubahan yang terjadi dalam kehidupan harus dijalani sebagai bentuk keberlanjutan. Kita harus mensyukuri berbagai perubahan yang terjadi dalam kehidupan.

Perubahan positif dapat digunakan sebagai motivasi untuk mengembangkan diri kearah yang lebih baik. Adapun perubahan negatif dapat anda gunakan sebagai pelajaran agar tidak terulang pada masa depan.

Sekian informasi mengenai Manusia, 2 fakta Kehidupan manusia dalam perubahan dan keberlanjutan. Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.