Warga Riau Diimbau Waspada Bencana Banjir dan Tanah Longsor

ady-afrizall.jpg
(muthi/RIAUONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Riau, Edy Afrizal meminta masyarakat waspada terhadap potensi bencana alam menjelang akhir tahun 2021 ini.

Edy menjelaskan, adapun potensi bencana alam seperti banjir dan tanah longsong. Potensi bencana alam berkaitan dengan siklon lanina yang hingga kini masih terjadi.

“Untuk ancaman bencana alam, kami melihat kemungkinan potensi akan terjadi, terutama banjir dan tanah longsor,” katanya, Sabtu, 25 Desember 2021.

Lebih lanjut, Edy mengatakan, untuk potensi banjir akan disebabkan oleh dua faktor, hujan dan rob atau luapan air pasang.


Adapun beberapa daerah yang perlu diwaspadai potensi banjir akibat hujan deras yakni Kuantan Singingi, Kampar, Rokan Hulu, dan Kota Pekanbaru.

Sedangkan daerah yang perlu mewaspadai potensi banjir air pasang meluap ada Kabupaten Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, Bengkalis, Meranti, dan Rokan Hilir.

Untuk air pasang, Edy menuturkan, pihaknya melihat ada kenaikan yang cukup tinggi. Hal ini tentu saja akan sangat mengganggu aktivitas masyarakat di wilayah pesisir Provinsi Riau.

“Sedangkan untuk wilayah yang masuk dalam rawan terjadinya bencana longsor, yakni di Kabupaten Kampar, Rokan Hulu, dan Kuantan Singingi,” pungkasnya.