Bagaimana Prediksi Indonesia Vs Malaysia di Piala AFF 2020?

evan-dimas-Cs.jpg
(ANTARA FOTO/Humas PSSI)

RIAUONLINE - Pertandingan sarat gengsi bakalan tersaji dalam laga pamungkas Grup B Piala AFF 2020 antara Malaysia vs Indonesia di Stadion Nasional, Singapura, Minggu (12/12/2021). Duel ini diprediksi bakalan seru mengingat adanya rivalitas.

Selain itu pertandingan ini juga sangat menentukan. Tim mana yang memenangi pertandingan akan melangkah ke babak semifinal.

Namun, dari posisi saat ini Timnas Indonesia lebih diuntungkan karena hanya butuh hasil seri supaya bisa lolos ke semifinal. Sementara Malaysia, wajib mendapat tiga poin.

Jalannya laga Timnas Indonesia kontra Malaysia tidak pernah berjalan mudah. Cekcok antara suporter termasuk di media sosial menjadi bumbu tersendiri di laga ini.

Timnas Indonesia bisa menurunkan skuad terbaiknya di laga ini termasuk memainkan Elkan Baggott yang bari selesai menjalani karantina kesahatan. Hanya minus Egy Maulana Vikri yang memang belum tiba di Singapura.

Sementara Malaysia hampir semua pemain terbaiknya bisa bermain. Oleh sebab itu skuad Garuda --julukan Timnas Indonesia-- patut meningkatkan kewaspadaan.

Malaysia yang butuh kemenangan diprediksi bakal menyerang sejak menit awal. Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan harus bisa menjaga gawang Indonesia agar tidak kebobolan cepat.


Selain itu kesalahan-kesalahan yang terjadi saat melawan Kamboja dan Laos jangan kembali terulang. Hal tersebut bisa berakibat fatal andai mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Safawi Rasid dan kolega.

Dari rekor pertemuan, Malaysia memang lebih unggul daripada Timnas Indonesia. Dalam lima laga terakhir Malaysia menang tiga kali sementara Indonesia dua kali.

Perjumpaan terakhir Malaysia dan Indonesia tersaji di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Dalam dua pertemuan home and away dimenangi seluruhnya oleh Malaysia dengan skor 3-2 dan 2-0.

Sementara Indonesia terakhir kali mengalahkan Malaysia pada 2016 dalam partai uji coba.

Perkiraan Susunan Pemain

Malaysia (4-3-3): Khairul Fahmi; Syahmi Safari, Junior Eldstal, Dominic Tan, Dion Cools; Baddrol Bakhtiar, Mukhairi Ajmal, Syafiq Ahmad; Safawi Rasid, Guilherme de Paula, Akhyar Rashid.

Pelatih: Tan Cheng Hoe

Timnas Indonesia (4-2-3-1): Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Elkan Baggott, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan; Rachmat Irianto, Evan Dimas; Irfan Jaya, Ricky Kambuaya, Witan Sulaeman; Ezra Walian.

Pelatih: Shin Tae-yong

 Artikel ini sudah tayang di SUARA.com