Aksi Kamisan Pekanbaru: Suarakan Keadilan Korban Kekerasan Seksual

Aksi-Kamisan-di-Pekanbaru3.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Sekelompok anak muda menggelar aksi Kamisan di depan Tugu Perjuangan, Jalan Diponegoro, Kota Pekanbaru. Mereka menyerukan agar waspada terhadap ancaman kekerasan seksual.

Aksi Kamisan kali ini mengangkat tema "Riau Darurat Kekerasan Seksual". Aksi ini juga bentuk keprihatinan terhadap sejumlah peristiwa kekerasan seksual yang terjadi di kampus beberapa waktu lalu.

 

"Kami ingin mengingatkan masyarakat bahwa Riau mengalami darurat kekerasan seksual," jelas pegiat Aksi Kamisan, Red kepada riauonline.co.id, Kamis sore, 16 Desember 2021.

 

 

Menurutnya, aksi ini juga menyuarakan keadilan bagi korban kekerasan seksual. Apalagi di Kota Pekanbaru seorang mahasiswi menjadi korban kekerasan seksual di kampus.


 

Mirisnya peristiwa tersebut melibatkan seorang oknum dosen di kampus tersebut. Red menyebut, ada kemungkinan muncul korban lainnya. Mereka mesti bisa bersuara agar pelaku mendapat hukuman yang setimpal dari aparat hukum. 

 

"Kita jangan diam, harus speak up apa pun yang terjadi tetap suarakan. Kita tidak sendirian, ada kawan-kawan kita untuk mengeluarkan apa yang menjadi keresahannya," ujarnya.

 

Mereka pun berharap bahwa masyarakat bisa memperjuangkan haknya. Mereka mengingatkan agar masyarakat bisa mewaspadai ancaman kekerasan seksual di sekitarnya.

 

 

 

Ada 20 orang ikut dalam aksi Kamisan tersebut. Mereka yang hadir berasal dari berbagai kalangan. Kamisan kali ini juga menyoroti sejumlah kasus kekerasan seksual di sejumlah daerah tanah air.

 

Para peserta aksi membawa sejumlah spanduk dan poster berisikan ajakan untuk mencegah terjadinya kekerasan seksual. Mereka juga menggunakan pakaian hitam dan payung hitam.