Persiapan Pesta Tahun Baru, Pengiriman Narkoba dari Pekanbaru Menuju Bali Digagalkan

narkoba-tahun-baru.jpg
(RAHMADI/ RIAUONLINE)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Polresta Pekanbaru bersama petugas keamanan (Avsec) Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru gagalkan penyelundupan 4.748 butir pil esktasi menuju Pulau Bali. Narkoba rencananya disiapkan untuk pesata malam pergantian tahun.

Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pria Budi mengatakan, kejadian berawal ketika Tim Opsnal Satnarkoba Polresta Pekanbaru mendapat laporan adanya sebuah tas berisi narkotika jenis pil ekstasi dan sabu.

“Tim Opsnal Sat narkoba Polresta Pekanbaru dihubungi petugas Bandara SSK II yang menginformasikan ditemukan satu buah tas berisi narktoika jenis pil ekstasi dan sabu,” ujarnya, Jumat, 19 November 2021.

Petugas bandara yang terdiri dari Avsec, TNI Angkatan Udara dan Bea Cukai kemudian mengamankan pelaku inisial A beserta barang bukti pil esktasi dan sabu.

“selanjtnya diserahkan oleh petugas bandara ke Polresta untuk dilakukan pengembangan,” sebutnya.


Kombes Pria Budi menyebut, dari pengakuan A, barang haram tersebut berasal dari seorang pelaku inisial LZ.

Tim selanjutnya melakukan pengembangan dan menangkap LZ di Jalan Pepaya, Kecamatan Bangko, Kabupaten Rokan Hilir.

“Setelah diamankan LZ ditemukan juga sabu di badannya tapi tidak terlalu banyak. Dari keterangan LZ ia disuruh oleh A yang ditangkap di bandara, jadi A ini memerintahkan LZ untuk mengambil ekstasi di Bagan siapiapi,” tutur Kombes Pria Budi.

Mantan Direktur Pengamanan Objek Vital Polda Riau ini menambahkan, setelah LZ mengambil barang haram tersebut, dirinya menyerahkan kepada A untuk dibawa ke Pulau Bali.

“Setelah barang diambil, tersangkan menyerahkan kepada A ini untuk dibawa ke Pulau Bali, ini mungkin mau persiapan tahun baru,” pungkasnya.

Pria Budi menjelaskan, dari hasil pemeriksaan, LZ diupah oleh A sebesar Rp 60 juta.

“LZ ini diupah Rp 60 juta oleh A ini, ternyata A ini dapat pesanan dari pelaku lain inisial AG di Pulau Bali yang memesan sebanyak 5000 butir direncakan dibawa ke Bali, namun pelaku diamankan oleh petugas bandara,” sebutnya.

Selanjutnya, kedua pelaku ditahan di Mapolresta Pekanbaru untuk pengembangan lebih lanjut.