Operasi Zebra, Polres Siak Imbau Taat Prokes dan Tertib Berlalu Lintas

Operasi-Zebra-2021-4.jpg
(Hendra Dedafta/Riau online)

Laporan Hendra Dedafta

RIAUONLINE, SIAK- Wakil Kepala Polisi Resort Siak, Kompol Irnanda Oktora memimpin apel gelar pasukan Operasi Zebra Lancang Kuning 2021 di lapangan Polres Siak, Senin 15 November 2021.

Operasi Zebra Lancang Kuning 2021 akan digelar secara serentak selama 14 hari mulai 15 November 2021 sampai 28 November 2021.

Operasi zebra ini dilakukan demi meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas serta meningkatkan disiplin masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan guna memutus penyebaran Covid-19.

Wakapolres Siak membacakan amanat dari Bapak Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setia Imam Efendi, bahwa gelar pasukan Operasi Zebra ini untuk mengetahui sejauh mana kesiapan Polda Riau, khusus nya Polres Siak dalam pelaksanaan kegiatan Operasi Zebra Lancang Kuning 2021.

Operasi Zebra 2021 3

Apel Operasi Zebra Lancang Kuning 2021 di lapangan Polres Siak/Hendra Dedafta/Riau online


Tujuannya agar berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan.

Mengatasi permasalahan bidang lalu lintas, Polri tidak bisa berdiam diri, melainkan dituntut untuk bertindak dan melakukan berbagai upaya dalam menciptakan pemerintah yang bertanggung jawab dalam membina dan memelihara kamseltibcarlantas, ujar Kompol Irnanda.

Lanjut Kompol Irnanda, membacakan apa yang perlu dilakukan berbagai upaya untuk menciptakan situasi kamseltibcarlantas dengan memberdayakan seluruh stake holder, supaya dapat diambil langkah yang komprehensif dalam menyelesaikan permasalahan lalu lintas dengan tuntas.

Saat ini kita sedang menghadapi pandemi covid-19 sehingga sangat diperlukan peran serta stake holders dalam menciptakan kamseltibcarlantas dimasa pandemi Covid-19.

Sejalan dengan tema operasi zebra lancang kuning 2021 yaitu “melalui operasi zebra lancang kuning 2021 kita tingkatkan disiplin protokol kesehatan dan tertib berlalu lintas dalam rangka mencegah penyebaran virus disease (covid-19)," serta mewujudkan kamseltibcarlantas yang mantap menjelang natal tahun 2021 dan tahun baru 2022.

Maka untuk itu diperlukan koordinasi bersama antar instansi pemerintah (stake holder) termasuk unsur TNI, jelas Wakapolres.

Berikut beberapa penekanan Irjen Agung yang dibacakan Wakapolres Siak, agar seluruh jajarannya untuk melaksanakan tugas dengan penuh tanggungjawab.

"Tunjukkan bahwa seluruhnya adalah polisi lalu lintas profesional, kenali psikologis masyarakat dan lakukan penegakan hukum dengan memberikan edukasi dan penyadaran kepada masyarakat tentang pentingnya berlalu lintas di jalan."

 

 

Laksanakan upaya penegakan hukum secara persuasif dan menarik simpatik masyarakat dengan ramah, empati, simpatik dan sopan.

Hindari kegiatan kontra produktif, selalu ingatkan masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, yaitu melaksanakan 5M, Jalankan misi, gandeng stakeholder dan capailah tujuan operasi ini.