Maulidi Hilal Puji Lapas Kelas II B Teluk Kuantan Zero Halinar: Pertahankan

Mauldi-Hilal6.jpg
(Robi Susanto/Riau online)

RIAUONLINE, TELUK KUANTAN- Kepala Divisi Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Riau, Maulidi Hilal berkunjung ke Lapas Kelas II B Teluk Kuantan.

Hilal berharap Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Teluk Kuantan bisa mempertahankan Zero Handphone, Pungutan Liar dan Narkoba atau yang biasa disingkat Zero Halinar.


Karena selama ini Lapas Kelas II B Teluk Kuantan dinilai telah menunjukan keseriusannya menjadi salah satu Lapas bersih di Provinsi Riau terbebas dari Narkoba, pengutan liar dan handphone.

"Ini harus dipertahankan secara terus menerus," kata Maulidi Hilal saat berkunjung ke Lapas Kelas II B Teluk Kuantan dalam rangka penguatan petugas Lapas Kelas II B Teluk Kuantan, Kamis, 4 November 2021 kemarin.

 

 

Dalam acara tersebut, Maulidi juga memberikan briefing kepada seluruh petugas Lapas Kelas II B Teluk Kuantan. Dalam arahannya Maulidi menyampaikan, kedepan tugas pemasyarakatan semakin berat, ditambah sejumlah Lapas kini tengah mendapatkan sorotan dimana banyak pemberitaan menyangkut Lapas baik itu tentang pengendalian Narkoba hingga kekerasan dalam Lapas.

Menurut Maulidi, permasalahan tersebut terletak terhadap alat komunikasi seperti handphone yang selalu disalahgunakan warga binaan. Untuk itu kedepan, Lapas di Riau khususnya Kuansing bisa terbebas dari handphone.

"Lapas Kelas II B Teluk Kuantan harus mampu mempertahankan zero handphone, zero narkoba dan zero pungli," katanya.

 


 

 

 

Sehingga lanjut Maulidi, tujuan pemasyarakatan melakukan pembinaan terhadap warga binaan bisa berjalan dengan baik.

 

Dia tidak memungkiri kalau peralatan tersebut bisa masuk karena ada oknum yang memanfaatkan kesempatan.

"Alat komunikasi tetap dilarang berada di dalam Lapas," tegasnya dihadapan petugas Lapas yang hadir saat acara penguatan petugas Lapas.

Maulidi juga memberikan apresiasi kepada Lapas Kelas II B Teluk Kuantan yang sampai detik ini dinyatakan tetap zero dari Narkoba.

 

"Saya apresiasi, seluruh petugas berkomitmen bersama mewujudkan zero halinar ini," katanya.

Usai memberikan arahan, Maulidi didampingi Kelapas Kelas II B Teluk Kuantan Yordani juga berkeliling menyapa warga binaan yang tengah menjalani hukuman.

Maulidi juga bertegur sapa dengan warga binaan di Lapas Teluk Kuantan. Dia juga meninjau kondisi dapur Lapas Kelas II B Teluk Kuantan yang dinilai sangat bersih dan steril dan bisa terjamin kesehatan untuk warga binaan.