Ruang Isolasi Covid-19 di Pekanbaru Banyak Kosong, Hanya Ada 85 Pasien

firdaus43.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Tingkat hunian ruang isolasi khusus Covid-19 di Kota Pekanbaru terus menurun. Kondisi ini seiring penurunan kasus Covid-19 pada PPKM level  2. 

 

Bed Occupancy Rate (BO) ruang isolasi Covid-19 di rumah sakit Kota Pekanbaru berkisar tujuh persen. Ada 85 orang pasien Covid-19 yang menjalani perawatan di rumah sakit. 

 

Total ada 1.206 ruang isolasi khusus bagi pasien Covid-19. Ruang isolasi ini berada di rumah sakit pemerintah dan swasta. 

 

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus mengingatkan agar tidak lengah dengan kondisi ini. Ia mengimbau tim medis dan satgas bisa waspada lonjakan kasus jelang akhir tahun 2021.

 


Banyak dari ruang isolasi khusus pasien Covid-19 dalam kondisi kosong. Kondosi ini terjadi karena tambahan kasus harian Covid-19 terbilang rendah. "Tetap siagakan sarana kesehatan, kita tentu tidak ingin ada lonjakan kasus terjadi," paparnya, Sabtu 30 Oktober 2021.

 

Menurutnya, tim medis di fasilitas kesehatan yang menyediakan ruang isolasi khusus pasien Covid-19 mesti siap untuk mengantisipasi lonjakan kasus. Sarana kesehatan yang menangani pasien Covid-19 mesti tetap siaga. 

 

 

Pemerintah kota dan satgas juga tetap menyiagakan layanan isolasi khusus. Satu di antaranya ruang karantina di Rusunawa Rejosari. "Jadi walaupun kasus sudah menurun, tapi kita tetap siapa. Apalagi tahun depan kita masih fokus antisipasi Covid-19," paparnya.