Lansia Kesulitan Akses Layanan Vaksin, Pemko Layani Door to Door

Vaksinasi-lansia.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat lanjut usia atau lansia di Kota Pekanbaru masih terkendala. Kondisi ini karena banyak lansia kesulitan mengakses layanan vaksinasi. 

 

Total ada 70.384 orang lansia yang harus mendapat suntikan vaksinasi. Mereka yang sudah mendapat suntikan vaksin baru sebanyak 17.916 orang. 

 

Tim vaksinasi Covid-19 Kota Pekanbaru bakal melakukan percepatan vaksinasi. Mereka juga mempermudah akses layanan vaksin bagi lansia dengan mendatangi rumah lansia yang belum mendapat suntikan vaksin.

 

Vaksin door to door ini agar lansia tidak kesulitan datang ke layanan kesehatan.

 

Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Muhammad Jamil, menyebut upaya jemput bola layanan vaksin ke rumah lansia bisa menjadi cara untuk percepatan vaksinasi bagi lansia.

 

Ia mengaku sudah mengingatkan camat dan lurah untuk mendata jumlah lansia yang belum suntik vaksin. Mereka harus segera melaporkan lansia yang belum vaksinasi di wilayahnya masing-masing.

 

"Sementara vaksinasi kita untuk masyarakat umum sudah lebih dari 70 persen, artinya kita sudah melakukan percepatan vaksinasi bagi masyarakat," jelasnya.


 

 

 

 

Dirinya memastikan pasokan dosis vaksin mencukupi. Ia menyebut masyarakat bisa mengakses layanan vaksinasi di puskesmas dan rumah sakit. "Mereka bisa datangi faskes yang ada, baik puskesmas maupun rumah sakit," terangnya.

 

Jamil menyebut, capaian vaksinasi bagi masyarakat juga didukung berbagai pihak yang menggelar vaksinasi massal. Ia menilai adanya vaksinasi massal ikut membantu masyarakat mengakses layanan vaksin. 

 

"Maka kita dorong di seluruh faskes, bisa mempercepat proses vaksinasi bagi masyarakat," pungkasnya.