1.284 Masyarakat Pekanbaru Akses Layanan Bus Vaksin Keliling

vaksin-madani.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Bus vaksinasi Covid-19 keliling sudah beroperasi sejak Kamis 14 Oktober 2021.

Total 1.284 orang yang mengakses layanan bus vaksinasi keliling selama tiga hari di RSD Madani. Mereka mendapat suntikan vaksin dosis pertama dan dosis kedua.

Ada 319 orang mendatangi akses layanan vaksin pada hari pertama. Sebanyak 500 orang datang pada vaksinasi hari kedua. Pada hari vaksinasi ketiga sebanyak 465 orang.

"Jadi kita mengoperasikan bus vaksinasi keliling di RSD Madani selama tiga hari karena melihat antusias masyarakat," ujar Kordinator Bus Vaksinasi Kota Pekanbaru, Khairunnas, Minggu 17 September 2021.

Menurutnya, masyarakat memang antusias mendatangi layanan bus vaksinasi keliling. Awalnya cuma tiga unit bus melayani masyarakat pada hari pertama vaksinasi.


Pihaknya menambah dua unit bus lagi sehingga pada hari kedua dan ketiga bertambah lima unit bus. Namun bus vaksinasi keliling di Kota Pekanbaru tidak beroperasi, Minggu 17 Oktober 2021.

Pengelola bus menanti informasi pengajuan lokasi bus vaksinasi keliling. "Untuk hari ini off sementara, sedangkan untuk Senin besok kita masih menunggu pengajuan lokasi bus keliling," terangnya.

Empat dari lima unit bus vaksinasi keliling melayani pemberian vaksin di RSD Madani. Mayoritas bus vaksinasi keliling melayani pemberian vaksin dosis kedua.

Tiga unit bus memberi layanan pemberian vaksin dosis kedua. Masyarakat bisa bergantian mendapat suntikan vaksin. Satu bus melayani pemberian vaksin dosis kedua jenis moderna dan sinovac.

Selain itu, dua bus melayani pemberian vaksin dosis kedua jenis sinovac. Satu bus menyediakan vaksin dosis pertama jenis pfizer. Sedangkan satu unit bus untuk administrasi dan cetak sertifikat vaksin.