Disdik Godok Rencana Penambahan Durasi Pembelajaran Tatap Muka

Pembelajaran-Tatap-Muka3.jpg
(Laras Olivia/RIAUONLINE)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Penambahan durasi pembelajaran tatap muka atau PTM terbatas di sekolah Kota Pekanbaru bakal berlangsung pada awal pekan depan.

Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru sedang menyusun teknis PTM satu hari selama empat jam. 

 

Ada penambahan dari durasi PTM sebelumnya dengan durasi maksimal tiga jam di sekolah. Penambahan durasi seiring Kota Pekanbaru memasuki PPKM level 2 tahap 2. 

 

"Tim dinas sedang merumuskan bentuk penambahan durasi PTM, apalagi ada jadwal istirahatnya," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Ismardi Ilyas, Selasa 12 Oktober 2021.

 

Menurutnya, tim berupaya menyusun jadwal aktivitas peserta didik selama PTM terbatas. Mereka juga menyusun aktivitas peserta selama jadwal istirahat. Mereka mencegah adanya peserta didik yang keluar saat jadwal istirahat. 


 

Pihaknya mengantisipasi kontak antar peserta didik yang berpotensi menularkan Covid-19. Ia menyebut bahwa jadwal istirahat hanya untuk peregangan usai belajar di kelas. 

 

"Mereka nantinya tetap berada di kelas selama jam istirahat, kita surun kegiatan apa yang bisa dilakukan selama jam istirahat," paparnya. 

 

Ismardi menambahkan, tim juga mendata sekolah yang bisa PTM terbatas dalam satu sesi. Ia menyebut sekolah yang memiliki ruang kelas memadai bisa menggelar PTM terbatas dalam satu sesi. 

 

 

 

 

"Tim sedang menginvetarisir jumlah sekolah yang bisa menggelar PTM terbatas dalam satu sesi," ujarnya. 

 

Pihaknya bakal menggelar pertemuan dengan kepala sekolah pada, Kamis 14 Oktober 2021, besok. Ia menyebut, pertemuan itu sebagai sosialisasi dengan kepala sekolah terkait kebijakan penambahan durasi belajar.