Cuaca Panas, Belasan Hektar Lahan di Pekanbaru dan Kampar Terbakar

water-bombing3.jpg
(RAHMADI DWI/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU- Akibat cuaca panas yang melanda Kota Pekanbaru beberapa hari terakhir, dua hektar lahan terbakar di Jalan Pramuka, berdekatan dengan objek wisata Danau Buatan, Rumbai, Pekanbaru.

 

Kepala Manggala Agni Daops Pekanbaru, Chaerul Ginting mengatakan, kebakaran melanda lahan semak belumar dan tumbuhan akasia mencapai dua hektar.

 

“Pemadaman dilakukan bersama Manggala Agni dan BPBD Kota Pekanbru, Polsek Rumbai Pesisir dibantu helikopter water bombing,” jelasnya, Kamis, 7 Oktober 2021.

 

Ia menambahkan, selanjutnya Tim Manggala Agni melakukan pemadaman di Desa Bencah Kelubi, Kecamatan Tapung, Kampar.

 

“Pemadaman dibantu tiga unit helikopter water bombing, kondisi anginyang berubah dan sumber air yang sedikit menjadi kendala di lapangan,” jelas Chaerul.


 

Chaerul Ginting menjelaskan, kebakaran di Kecamatan Tapung mencapai 15 hektar dengan kondisi tanah bergambut.

 

Selanjutnya, di lokasi ketiga, pemadaman dilakukan di Nalan Riau Ujung, Desa karya Indah, Kecamatan Tapung. Kebakaran pertama kali dilaporkan oleh tim patroli udara.

 

 

 

“Di lokasi ketiga luasan lahan diperkiran mencapai lima hektar dengan vegetasi semak belukar,” ucapnya.

 

Beberap hari terakhir, Provinsi Riau dilandai cuaca panas yang dapat menajdi pemicu kebakaran. Manggala Agni mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan tindakan yang dapat menyebabkan kebakaran hutan dan lahan.