Patut Dikunjungi, Ini 5 Destinasi Wisata Pantai di Riau

pantai-selat-baru.jpg
(travelingyuk.com)

RIAUONLINE - Pantai atau pesisir merupakan sebuah bentuk geografis yang terdiri dari pasir, dan terdapat di daerah pesisir laut. Kawasan pantai berbeda dengan pesisir walaupun antara keduanya saling berkaitan. Pantai juga merupakan sebuah destinasi wisata yang selalu ramai dikunjungi. Jika anda pecinta pantai dan ingin berlibur ke Riau, anda dapat mengunjungi beberapa destinasi. Saat ini Riau Online akan membahas mengenai tempat wisata, 5 destinasi wisata pantai di Riau, simak ulasan berikut ini.

1. pantai rupat Utara



Pantai Rupat Utara merupakan salah satu nama pantai yang sudah tak diragukan lagi keindahannya. Pantai ini terletak antara selat malaka dan Kepulauan Riau, pantai ini menawarkan panorama keindahan pasir pantai yang putih bersih dan air bahari yang biru bening. Di sini anda dapat menikmati keindahan pemandangan sunset yang cantik dan elegan, anda juga dapat menikmati keindahan air laut yang sangat jernih. Sehingga anda bisa langsung melihat ke dalam laut. Waktu terbaik untuk mengunjungi objek wisata ini yaitu saat menjelang sore untuk menikmati pemandangan matahari terbenam yang begitu cantik di area panta yang akan memberikan suasana eksotis nan romantis.

2. Pantai Selat Baru


Pantai Selat Baru merupakan pantai yang paling indah kedua setelah Pantai Rupat. Asal mula nama Pantai Selat Baru sendiri diambil dari sebuah nama Desa di mana Pantai ini berada, yakni Desa Selat Baru. Desa Selat Baru ini juga sekaligus merupakan Ibu kota Kecamatan Bantan. Pantai ini juga menjadi salah satu unggulan destinasi tempat wisata di Bengkalis ini memang cukup menarik untuk di kunjungi. Disini kamu akan mendapatkan suasana segar dan aura menenangkan dari pantai ini akan sukses membuat kamu merasa nyaman. Selain itu kamu juga bisa menikmati ombak yang tidak terlalu kencang dan kamu juga bisa menikmati bermain pasir yang lembut nan halus. Ketika hari libur pantai ini akan didatangi ramai pengunjung.


3. Pantai Purnama



Selanjutnya pantai purnama yang merupakan salah satu objek wisata alam yang terletak di Kota Dumai, Provinsi Riau. Beberapa tahun lalu tempat ini hanyalah kebun kelapa warga, namun kini pantai purnama menjadi pilihan warga Dumai untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga. Nama Pantai ini sama dengan salah satu Pantai di Bali yang juga mempunyai Pantai Purnama. Pantai ini tidak seperti pantai lainnya, pasalnya pantai purnama tidak memiliki pasir putih dan langsung menghadap ke Selat Malaka yang membentang luas. Pantai ini menyediakan pondok-pondok kayu yang tinggi untuk tempat bersantai para wisatawan.

4. Pantai Pulau Jemur



Pantai Pulau Jemur merupakan pulau yang terletak sejauh 45 mil dari Kabupaten Rokan Hilir, sejauh sekitar 72 km sebelah Utara Bagansiapiapi. Tepatnya berada di Kecamatan Pasir Limau Kapas, Kabupaten Rokan Hilir. Pulau jemur terkenal dengan panorama alam seperti pantai berpasir putih dan banyak penyu yang menyimpan telurnya pada bawah lapisan pasir pantai.

5. Pantai Solop



Pantai Solop merupakan salah satu tempat wisata unggulan Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau. Pantai Solop memiliki pasir putih yang sering dikenal dengan nama Pasir Sirsak terhampar disepanjang bibir pantai, yang terdapat di kawasan hutan bakau. Pantai solop ini berada di desa pulau cawan kecamatan mandah kabupaten Indragiri hilir. Pasir di pantai ini berwarna coklat muda dan memiliki tekstur yang halus. Kondisi di sekitar pantai solop tumbuh beberapa jejeran pohon sehingga suasananya begitu teduh.

Sekian informasi mengenai tempat wisata, 5 destinasi wisata pantai di Riau, semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.

(LINDA MANDASARI)