Tes CPNS Pemko, Firdaus: Jangan Percaya Orang yang Mengaku Dekat Wali Kota

Ujian-CPNS-2021-4.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Pemerintah Kota Pekanbaru tahun 2021 berlangsung di SKA Co Ex. Rangkaian SKD rencananya bergulir hingga 4 Oktober 2021 mendatang.

 

Peserta terbagi dalam tiga sesi ujian. Satu hari jumlah peserta ujian dibatasi hanya berkisar 420 orang. Setiap sesi ada 140 orang peserta ujian.

 

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus mengingatkan agar para peserta tidak tergiur oleh seseorang atau oknum yang mengatakan mampu memberikan bantuan. Menurutnya, setiap tahun banyak yang menjadi korban.

 

Ujian CPNS 2021 5

Suasana Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Pemerintah Kota Pekanbaru tahun 2021 di SKA Co Ex/Laras Olivia/RIAUONLINE.

 

 

"Terkadang tidak masuk logika tapi diikutin juga. Oknum memberikan jaminan CASN bakal lulus. Karena dia bilang dekat dengan wali kota, kepala dinas dan sebagainya. Untuk ikut saja membayar Rp 5 juta hingga Rp 10 juta," terangnya, Rabu 29 September 2021 

 

Para joki biasanya menggantikan posisi peserta ketika tes. Namun kini prosedur dan proses seleksi diperketat. Panitia memeriksa berkas dan tes dijalankan dengan teknologi guna meminimalisir kecurangan.

 

Firdaus tak menampik banyak pendaftar untuk masing-masing formasi. Dirinya berterima kasih kepada peserta yang telah mengambil pilihan sebagai pegawai negeri sebagai pengabdian.


 

"Jadi, tidak ada siapapun yang bisa membantu dalam hal ini. Anak saya sendiri saja kalau ikut, saya tidak bisa bantu. Apalagi orang lain. Setiap tahunnya itu banyak yang jadi korban. Terkadang tidak masuk logika tapi diikutin juga," paparnya.

 

Firdaus35

 

Firdaus meninjau tes CPNS Pemko Pekanbaru

 

Oknum memberikan jaminan CASN bakal lulus. Namun secara logika, kata Firdaus, itu tidak mungkin. Apalagi menjanjikan dua sampai tiga orang.

 

"Tetapi ada juga yang tergiur. Maka oleh sebab itu kami sampaikan, dengan sistem yang saudara ikuti hari ini sangat ketat. Bagi yang sudah mengikuti sebelumnya, begitu selesai tes, para peserta sudah bisa memprediksi lulus passing grade atau tidak," ujarnya.

 

Ujian CPNS 2021 6

 

Suasana Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Pemerintah Kota Pekanbaru tahun 2021 di SKA Co Ex/Laras Olivia/RIAUONLINE.

 

Total jumlah peserta untuk formasi CPNS di Pemerintah Kota Pekanbaru ada 2.427 orang. Ada sejumlah peserta CASN mengikuti ujian di luar titik lokasi SKA Co Ex. 

 

Mereka bisa mengikuti ujian sesuai lokasi kantor regional BKN di wilayahnya masing-masing. Total jumlah pelamar CASN Pemerintah Kota Pekanbaru tahun 2021 yang memenuhi syarat sebanyak 4.950 orang. 

 

Pelamar yang lolos seleksi administrasi memperebutkan 313 formasi yang ada dalam seleksi CASN Pemerintah Kota Pekanbaru tahun 2021. Formasi CPNS tahun ini sebanyak 33 formasi dan PPPK sebanyak 280 formasi.