Rumah dan Warung Terbakar Gara-Gara Lampu Teplok di Benai

kebakaran-kasmedi.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Sebuah rumah dan warung milik Kasmedi di Desa Siberakun, Kecamatan Benai, Rabu, 29 September 2021 hangus terbakar,  sekira pukul 19.00 WIB malam.

Kapolres Kuansing AKBP Rendra Oktha Dinata melalui Kapolsek Benai Iptu Donal Jhonson Tambunan memgungkapkan rumah dan warung tersebut mengalami kebakaran setelah lampu teplok pemilik warung menyambar kaleng berisikan minyak tanah.

"Peristiwa tersebut terjadi ketika cuaca sedang dalam kondisi hujan, dan terjadi pemadaman listrik oleh PLN," kata Kapolres melalui Kapolsek Benai Iptu D J Tambunan melalui keterangannya, Kamis, 30 September 2021.

Saat listrik padam lanjut Kapolsek, korban menghidupkan lampu teplok untuk penerangan dalam rumah. Melihat kondisi minyak lampu teplok yang terbuat dari botol M150 habis, maka korban berniat mengisinya kewarung miliknya berada didepan rumahnya.


Saat melakukan pengisian terang Kapolsek kondisi lampu teplok tersebut tidak dipadamkan oleh korban. Lampu teplok tersebut diisi minyak tanah dalam kondisi sedang hidup diambil dalam tempat minyak tanah yang berada dalam ember didalam warung.

Naas, sedang asik mengisi minyak lampu, api langsung menyambar ember berisikan minyak tanah. Api seketika membesar menyambar dinding bagian bangunan warung semi permanen yang sebagian terbuat dari papan.

Korban sempat berusaha mengangkat ember berisi minyak tanah keluar warung, namun api lebih dulu menyebar dan mengenai tangan korban yang langsung membakar kedua tangan korban dan menyebabkan korban mengalami luka bakar.

Warga yang melihat ada api langsung saja membantu melakukan pemadaman dengan alat seadanya. Sekitar pukul 20.30 WIB dua unit mobil pemadam tiba membantu dan api berhasil dipadamkan.

Akibat peristiwa tersebut korban mengalami kerugian materil lebih kurang Rp 300 juta. Dan uang korban lebih kurang Rp 15 juta juga hangus dilalap sijago merah begitu juga dua unit sepeda motor ikut terbakar.