Cara Membuat CV Menarik yang Bikin HRD Tertarik, Patut Dicoba

Cara-membuat-CV-menarik.jpg
(istimewa)

Laporan Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU-Hal pertama yang dilakukan oleh para pencari kerja adalah membuat Curriculum vitae atau daftar riwayat hidup terbaik sebelum akhirnya mereka memasukkan lamaran karena CV adalah salah satu komponen penting.

Ketika melamar pekerjaan seseorang harus mempromosikan sesuatu yang ada dalam diri mereka, seperti mejelaskan pengalaman, potensi diri, prestasi serta pencapaian lainnya.

Selain itu juga kalian harus menuangkan ide kreatif agar CV tidak membosankan, semua itu dilakukan agar tim HRD tertarik.

Karena biasanya tim HRD hanya melihat sekilas tentang CV tersebut, maka dari itu buatlah CV yang efektif dalam menyampaikan informasi yang dibutuhkan. CV selanjutnya akan di telusuri jika memenuhi beberapa standar.

Bagi kalian yang masih bingung bagaimana cara membuat CV yang menarik, Riau Online akan menjelaskan mengenai contoh CV menarik, cara membuat CV menarik, simak ulasannya berikut ini.

Tulis komponen CV yang penting

• Identitas Diri atau Data Pribadi
Hanya tuliskan Nama lengkap, Tempat tanggal lahir, Alamat.
Status, Agama, Berat Badan, Tinggi Badan (Bila diperlukan)
Jangan menyantumkan identitas diri secara berlebihan. Ada beberapa perusahaan yang menuntut beberapa kriteria khusus untuk para kandidat, maka dari itu sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan yang akan anda lamar.

 

 

 

• Kontak
Tuliskan nomor Hand Phone yang aktif
Tuliskan alamat e-mail yang dapat anda akses, alamat e-mail harus relevan dengan nama asli (tidak boleh menggunakan nama samaran)
Tuliskan akun sosial media yang aktif, informasi melalui akun sosial media saat ini diperlukan hampir di semua perusahaan karena harus berhubungan dengan dunia digital.

• Profil Singkat
Deskripsikan diri dengan tulisan singkat, anda dapat menyampaikan informasi mengenai kelebihan dan kemampuan secara efiektif dan efisien. Tuliskan beberappa hal yang penting saja.
Contoh : “Saya memiliki semangat yang tinggi dalam bekerja, disiplin dalam mengatur waktu, mudah beradaptasi dengan lingkungan baru, dan saya dapat bekerja secara tim maupun individu.”


• Informasi Pendidikan
Tuliskan pendidikan terakhir, atau 2 pendidikan terakhir dengan jurusan dan nilai atau IPK nya
Tuliskan pendidikan non formal seperti, pelatihan atau kursus yang pernah anda ikuti.
Jika banyak pelatihan yang sudah anda ikuti, pilih beberapa pelatihan yang paling relevan dengan posisi atau perusahaan yang anda lamar. Dengan begitu tim HRD akan meningkatkan nilai CV anda.

• Skill (Hard Skill dan Soft Skill)
Tuliskan beberapa skill yang sesuai dengan pekerjaan yang akan dilamar. Agar menarik buatlah skill terseut dalam bentuk graphic statistik sederhana yang menunjukan tingkatan atau level. Biasanya menggunakan diagram, rating bintang dan persentase.

 

• Pengalaman Bekerja dan Organisasi
jika anda memiliki banyak pengalaman bekerja, pilihlah pengalaman bekerja yang paling relevan atau yang sesuai dengan posisi pekerjaan yang akan anda lamar. Termasuk pengalaman organisasi yang sebetulnya tidak wajib untuk dilampirkan namun jika anda memiliki pengalaman organisasi. Hal tersebut menjadi nilai tambah.



 

 

 

 

• Informasi Lain (Prestasi)
Tuliskan beberapa informasi lain, hal ini agar membuat CV anda lebih menarik. Namun tulislah beberapa informasi yang releven seperti pengalaman, hobi, minat dan lebih baik anda tidak mencantumkannya apabila informasi tersebut tidak relevan.

Contoh CV menarik, cara membuat CV menarik, selanjutnya adalah
Gunakan desain yang menarik namun simple

• Perhatikan komposisi warna, pastikan warna yang digunakan membuat tulisan mudah terbaca, pilih lah warna yang sederhana atau tidak terlalu mencolok, perhatikan font yang digunakan harus sesuai, penyususna elemen setiap informasi perlu diperhatikan.

Buatlah CV yang Kreatif

• Bentuk CV yang umum digunakan yaitu CV semacam infografis. Banyak platform yang menyediakan layanan desain CV online untuk mendownload template sebuah CV salah satunya aplikasi Canva. Namun jangan hanya terpaku dengan tamplate yang sudah tersedia, anda dapat berkreasi dengan membuat CV dalam berbagai desain. Misalnya dalam bentuk 1 halaman web. Video dan beberapa CV dengan kemasan terbaru. CV kreatif seperti itu dijamin akan membuat HHRD trertarik. Terlebih jika anda melamar ke sebuah perusahaan berbasis digital dan kreativias.

Sekian informasi mengenai contoh CV menarik, cara membuat CV menarik. Semoga informasi yang Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca khususnya bagi anda yang sedang berusaha untuk mendapatkan pekerjaan terbaik, tetap semangat ya!